PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK NASABAH REKSADANA PT. ANTABOGA DELTASEKURITAS INDONESIA ( Studi Putusan Mahkamah Agung nomor 2838K/Pdt/2011 )

Atika Astari, Hardy (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK NASABAH REKSADANA PT. ANTABOGA DELTASEKURITAS INDONESIA ( Studi Putusan Mahkamah Agung nomor 2838K/Pdt/2011 ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

Perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan bertujuan untuk menciptakan sistem perlindungan konsumen yang andal dan menumbuhkan kesadaran Pelaku Usaha Jasa Keuangan mengenai pentingnya perlindungan konsumen. Kasus PT. Antaboga Deltasekuritas merupakan salah satu contoh tidak ketatnya pengaturan dan pengawasan terkait penerbitan dan tata kelola Kontrak Pengelolaan Dana. Kasus reksadana yang diterbitkan oleh PT.Antaboga Deltasekuritas Indonesia ditawarkan sebagai produk investasi ritel yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu lolos dari pengawasan Badan Pengawasan Pasar Modal Lembaga Keuangan dan Bank Indonesia. Permasalahan yang dibahas yaitu: 1). Bagaimanakahperlindungan hukum terhadap pemenuhan hak nasabah reksadana PT. Antaboga Deltasekuritas Indonesia? 2). Bagaimana pelaksanaan putusan Mahkamah Agung nomor 2838K/Pdt/2011 oleh Pengadilan Negeri Solo berkaitan dengan perlindungan hukum nabasah reksa dana PT. Antaboga Deltasekuritas Indonesia? Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Setelah penulis melakukan penelitian hukum yuridis normatif terhadap Perlindungan Hukum Terhadap Hak Nasabah Reksadana PT. Antaboga Deltasekuritas Indonesia (Studi Putusan Mahkamah Agung nomor 2838K/Pdt/2011. Penulis berkesimpulan bahwa dalam Perlindungan hukum terhadap pemenuhan hak nasabah reksadana PT. Antaboga Deltasekuritas Indonesia adalah dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan atas dasar perbuatan melawan hukum. Selain itu, untuk mendapatkan perlindungan hukum dalam hal reksadana harus ada pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-hari Pasar Modal dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan secara menyeluruh dan sistematis. Dalam Pelaksanaan putusan Mahkamah Agung, hingga saat ini masih dalam tahapan pendataan aset yang dimiliki oleh Tergugat yang nantinya akan dikonversi dalam rupiah sehingga diketahui berapa jumlah harga aset yang dimiliki oleh Tergugat apakah telah memenuhi kewajiban Tergugat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. Busyra Azheri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:50
Last Modified: 30 Jul 2018 16:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37220

Actions (login required)

View Item View Item