UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI UNGGUL LOKAL SUMATERA BARAT TERHADAP WERENG BATANG COKLAT Nilaparvata lugens Stal. (HEMIPTERA: DELPHACIDAE)

Nasution, Rinanti Marwiyah (2018) UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI UNGGUL LOKAL SUMATERA BARAT TERHADAP WERENG BATANG COKLAT Nilaparvata lugens Stal. (HEMIPTERA: DELPHACIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB AWAL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (KARYA TULIS ILMIAH UTUH)
Karya Tulis Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wereng batang coklat (Nilaparvata lugens Stal.) merupakan salah satu hama utama tanaman padi karena dapat menyebabkan kerusakan pada setiap musim tanam. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama wereng batang coklat yaitu dengan menggunakan varietas tahan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan varietas tanaman padi yang tahan terhadap wereng batang coklat pada pertanaman padi di laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit dan Pengembangan Agens Hayati Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Bandar Buat, Padang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan yaitu Bawaan, Junjung, Anak Daro, Batang Piaman dan IR 42. Parameter yang diamati adalah luas bercak embun madu (honey dew) yang dihasilkan wereng batang coklat dan mortalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas dengan tingkat ketahanan yang sedang yaitu Bawaan dan Junjung. Kemudian, varietas dengan tingkat ketahanan yang rentan yaitu Anak Daro, IR 42 dan Batang Piaman. Sementara itu, berdasarkan uji mortalitas wereng batang coklat, varietas yang dinilai tahan yaitu Bawaan dan Junjung. Dengan demikian, varietas Bawaan dan Junjung dianggap lebih tahan daripada varietas uji lainnya berdasarkan uji luas bercak embun madu dan mortalitas wereng batang coklat. Kata kunci: wereng batang coklat, varietas tahan, embun madu, mortalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 30 Jul 2018 15:30
Last Modified: 30 Jul 2018 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37217

Actions (login required)

View Item View Item