RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI OTOMATIS TUAS KOPLING SEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER

Dzaky, Fithra (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI OTOMATIS TUAS KOPLING SEPEDA MOTOR BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis sepeda motor dengan kopling manual memiliki keunggulan dalam tenaga dan performa lebih tinggi daripada sepeda motor dengan kopling otomatis. Dibalik keunggulan tersebut, tuas kopling harus dikendalikan menggunakan tangan oleh pengendara. Pada kondisi lalu lintas Indonesia saat ini, hamper di semua kota terjadi kemacetan setiap harinya. Pengendara sepeda motor jenis kopling manual mengalami kesulitan untuk mengendalikan tuas kopling selama berada dalam kemacetan. Dengan menerapkan konsep sistem tertanam dirancanglah system pengendali otomatis tuas kopling sepeda motor. Sistem mengendalikan tuas kopling untuk menarik, menahan, dan melepas berdasarkan kendali pengendara dan pergerakan sepeda motor. Pada penelitian ini, untuk sensor digunakan sensor jarak ultrasonic untuk membaca jarak kendaraan lain di arah depan, sensor getaran piezoelektrik untuk membaca getaran yang setara dengan putaran mesin, dan sensor akselerometer dan gyroscope untuk membaca fase pergerakan sepeda motor. Aktuator yang digunakan motor servo untuk mengendalikan tuas kopling dan LED RGB sebagai indikator pembacaan sensor yang menampilkan warna merah, hijau, atau biru. Sistem memberikan waktu respon rata-rata 0,5 detik untuk LED indikator, 8 detik untuk pergerakan motor servo melepas dan 0,7 detikuntuk pergerakan motor servo menarik tuas kopling. Kata kunci: pengendali, otomatis, tuas kopling, mikrokontroler

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DODON YENDRIM.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 30 Jul 2018 15:00
Last Modified: 30 Jul 2018 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37210

Actions (login required)

View Item View Item