Pemanfaatan Limbah Batang Pisang, Cangkang Telur dan Daun Lamtoro sebagai Pupuk Organik Cair untuk Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus tricolor L.)

Aslihli, Zuriati (2018) Pemanfaatan Limbah Batang Pisang, Cangkang Telur dan Daun Lamtoro sebagai Pupuk Organik Cair untuk Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus tricolor L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5 (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Batang pisang, cangkang telur daun lamtoro merupakan bahan-bahan organik yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik karena mengandung hara yang dibutuhkan tanaman seperti nitrogen, kalium, dan fosfor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memanfaatkan limbah batang pisang, cangkang telur dan daun lamtoro sebagai pupuk organik cair untuk pengganti pupuk anorganik, dan pengefesienan penggunaan air dengan irigasi tetes serta mendeskripsikan kadar unsur hara yang terdapat pada pupuk organik cair. Penelitian dilakukan dengan dua perlakuan yaitu pemberian pupuk organik cair (P1) dan pupuk anorganik (P2) untuk melihat pertumbuhan tanaman bayam. Hasil penelitian menunjukkan pupuk organik cair berbahan baku batang pisang, cangkang telur dan daun lamtoro mengandung unsur hara dengan kadar N 0,840% ; kadar P 0,223% ; dan K 0,257%. Pertumbuhan tanaman bayam cabut dengan memberikan pupuk organik cair menunjukkan hasil yang baik dengan parameter tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun dan berat basah tanaman bayam. Kata kunci : Pupuk Organik Cair, Batang Pisang, Cangkang Telur, Daun Lamtoro, Irigasi Tetes, Tanaman Bayam Cabut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rusnam, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 30 Jul 2018 14:48
Last Modified: 30 Jul 2018 14:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37204

Actions (login required)

View Item View Item