ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PEMERINTAH DAERAH PERIODE OPINI NON-WTP DAN PERIODE OPINI WTP (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera Tahun 2015 - 2016).

Syafrul, Antoni (2018) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PEMERINTAH DAERAH PERIODE OPINI NON-WTP DAN PERIODE OPINI WTP (Studi Pada Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera Tahun 2015 - 2016). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji mengenai perbandingan kinerja pemerintah daerah kabupaten/ kota dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan non WTP di Pulau Sumatera tahun 2015-2016. Penelitian ini menggunakan sampel Purposive sampling pada kabupaten/kota yang mengalami peningkatan opini dari non WTP pada tahun 2015 menjadi WTP pada tahun 2016. Sampel penelitian ini adalah 33 pemerintah daerah dengan pengamatan selama 2 tahun. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji beda independent t- test. Topik ini dipilih karena masalah Pemerintah daerah dalam memperoleh opini WTP hendaknya seiring dengan upaya mencapai kinerja yang baik dalam pengelolaan keuangan. Idealnya upaya untuk meraih opini WTP juga dibarengi dengan upaya untuk mencapai kinerja terbaik, tidak terjadi korupsi, dan rakyatnya makin sejahtera sesuai dengan Undang–Undang Dasar 1945 pasal 23 ayat 1. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam Indikator Indeks Pembangunan Manusia antara pemerintah daerah kota/ kabupaten yang memperoleh opini non WTP dan WTP. Dan tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan dalam Indikator Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah dan Produk Domestik Regional Bruto antara pemerintah daerah kota/ kabupaten yang memperoleh opini Non WTP dan WTP. Kata Kunci : Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah, Indeks Pembangunan Manusia dan Produk Domestik Regional Bruto.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yurniwati, SE, M.Si, CA, Ak
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 30 Jul 2018 10:38
Last Modified: 08 Aug 2018 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37164

Actions (login required)

View Item View Item