EKSISTENSI KESENIAN REYOG PADA MASYARAKAT JAWA PADANG BINTUNGAN, KABUPATEN DHARMASRAYA (Kajian Etnografi Pada Paguyuban Reyog Singo Mudo)

Ardy, Fedry (2018) EKSISTENSI KESENIAN REYOG PADA MASYARAKAT JAWA PADANG BINTUNGAN, KABUPATEN DHARMASRAYA (Kajian Etnografi Pada Paguyuban Reyog Singo Mudo). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB penutup.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan utama dalam riset ini yaitu mengkaji mengenai eksistensi kesenian Reyog dalam masyarakat Jawa di Desa Blok D Padang Bintungan, Kabupaten Dharmasraya. Kesenian Reyog di Dharmasraya masih bertahan sampai saat ini sehingga peneliti berusaha mmengungkapkan upaya-upaya masyarakat dalam mempertahankan kesenian ini. Reyog merupakan sebuah kesenian yang berasal dari daerah Jawa Timur bagian Barat Laut, tepatnya di daerah Ponorogo. Kesenian ini sudah menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Dimana tari Reyog mampu menarik perhatian para turis mancanegara yang berkunjung ke negri ini. Daya tarik kesenian Reyog terletak pada pementasannya yang menggunakan peralatan tradisional yang unik, seperti kuda kepang, topeng dhadak merak yang mengandung makna historis didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi kasus. Adapun pemilihan informan dilakukan dengan cara Purposive Sampling yang diartikan sebagai teknik pengambilan informan dimana peneliti merumuskan kriteria individu yang akan menjadi informan berdasarkan tujuan penelitian. Adapun kriteria yang dirumuskan oleh peneliti adalah berdasarkan pertimbangan peran dan status sosial terkait objek penelitian tentang Eksistensi kesenian Reyog pada masyarakat Jawa di Padang Bintungan, Kenagarian Sialang Gaung, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan hasil penelitian, Kesenian Reyog merupakan salah satu tradisi unik yang dimiliki oleh masyarakat Jawa di Dharmasraya. Alasan utama kesenian ini masih dilestarikan karena masyarakat Jawa di Dharmasraya menggunakan metode sosialisasi dalam mempertahankan ke eksistensian kesenian Reyog ini. Salah satu bentuk sosialisasinya yaitu memperkenalkan kesenian ini kepada generasi muda. Hal ini terbukti dengan banyaknya anggota dari paguyuban Reyog Singo Mudo beranggotakan anak-anak muda. Dengan begitu, keeksistensian kesenian Reyog akan tetap terjaga hingga generasi selanjutnya. Kata kunci: Kesenian, Reyog, Etnografi, Eksistensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Rer. Soz Nursyirwan Effendi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 30 Jul 2018 11:15
Last Modified: 30 Jul 2018 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37159

Actions (login required)

View Item View Item