Pengaruh Nilai Personal, Filosofi Moral, dan Budaya Etis Organisasi terhadap Tindakan dan Penerimaan Auditor Atas Perilaku Disfungsional

Sanda, Patrisia Komalasari (2018) Pengaruh Nilai Personal, Filosofi Moral, dan Budaya Etis Organisasi terhadap Tindakan dan Penerimaan Auditor Atas Perilaku Disfungsional. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
bab 5.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
tugas akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh budaya etis organisasi, nilai personal, dan filosofi moral auditor terhadap tindakan dan penerimaan auditor atas perilaku disfungsional. Penelitian ini juga berusaha menyelidiki pengaruh budaya etis organisasi terhadap nilai personal dan nilai personal terhadap filosofi moral. Dengan menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural dari hasil survey 52 auditor BPK dan BPKP Perwakilan Sumatera Barat diperoleh hasil bahwa auditor yang cenderung memiliki filosofi moral idealisme dan tidak relativisme adalah auditor yang memiliki nilai personal konservasi dan peningkatan diri. Sedangkan auditor yang cenderung relativisme adalah auditor yang memiliki nilai personal keterbukaan terhadap perubahan. Auditor yang memiliki filosofi moral relativisme akan cenderung untuk menerima perilaku disfungsional, sedangkan auditor yang idealisme akan cenderung menolak perilaku tersebut. Budaya etis organisasi dan nilai personal peningkatan diri ditemukan berpengaruh terhadap penerimaan auditor atas perilaku disfungsional. Hanya budaya etis yakni lingkungan etis yang berpengaruh terhadap tindakan disfungsional auditor. Nilai personal konservasi melalui filosofi moral idealisme ditemukan berpengaruh terhadap penerimaan auditor atas perilaku disfungsional. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa untuk mengurangi adanya tindakan dan penerimaan auditor atas perilaku disfungsional maka organisasi dapat menerapkan lingkungan etis yang kuat dan merekrut auditor yang memiliki nilai personal peningkatan diri dan konservasi serta memiliki filosofi moral idealisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmat Febrianto, M.Si, CA, Ak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 30 Jul 2018 12:24
Last Modified: 30 Jul 2018 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37117

Actions (login required)

View Item View Item