PENYEBAB ANAK BEKERJA (Studi Penyebab Struktural Anak Bekerja Di Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam)

Syarif, Hidayatullah (2018) PENYEBAB ANAK BEKERJA (Studi Penyebab Struktural Anak Bekerja Di Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Watermark Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Watermark.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4 Kesimpulan)
BAB 4 Watermark.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Watermark.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Utuh Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Syarif Hidayatullah. Bp: 1210813023. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Judul Skripsi: “Penyebab Anak Bekerja”. Jumlah halaman: 111 halaman. Pembimbing I Dr. Jendrius, M.Si dan Pembimbing II Zuldesni, S.Sos, MA. Anak yang bekerja dan pekerja anak dapat dijumpai di Nagari Sitalang. Keberadaan anak yang bekerja dan pekerja anak tersebut dilatar belakangi oleh banyak faktor. Ini terlihat dari jenis pekerjaan yang dilakukan oleh anak, upah yang diperoleh serta lama mereka bekerja. Berdasarkan observasi, ada 17 anak yang bekerja maupun pekerja anak di Nagari Sitalang. Anak yang bekerja dan pekerja tersebut anak melakukan pekerjaan yang dapat mengganggu kesehatan, keselamatan dan pendidikan anak. Penelian yang melihat anak dari aspek struktural sedikit sekali. Sehingga tujuan penelitian ini mengungkap penyebab anak bekerja secara struktural baik secara struktur yang enabling maupun struktur yang constraining terhadap anak yang bekerja dan pekerja anak. Teori yang digunakan adalah teori strukturasi oleh Anthony Giddens. Anthony Giddens membagi dua yaitu struktur dana agen. Anthony Giddens menyampaikan bahwa struktur dan agen merupakan dualitas yang berdaya memberdayakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif interpretatif. Teknik pengumpulan data ialah observasi dan wawancara dengan menggunakan purposive. Informan pada penelitian ini, berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 informan anak sebagai pelaku dan 10 orangtua sebagai informan pengamat. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa variasi pekerjaan yang dilakukan oleh anak yang bekerja dan pekerja anak di Nagari Sitalang. Anak yang bekerja dan pekerjaan anak berumur 15-18 tahun baik yang sekolah maupun yang tidak sekolah. Ada variasi pekerjaan yang dilakukan oleh anak seperti pairik kayu (penarik kayu), pamotoang (penyadap karet), dan paambiak pinang (pengambil pinang). Dalam penelitian ini juga ditemukan pengaruh faktor enabling lebih kuat dari pada pengaruh faktor constraining terhadap anak. Enabling terhadap tenaga kerja produktif banyak merantau, anak bekerja sudah menjadi hal yang biasa, anak yang bekerja dan pekerja anak lebih disukai, sehingga menyebabkan adanya anak yang bekerja dan pekerja anak. Sedangkan constraining terhadap anak yaitu wajib belajar, Undang-Undang Perlindungan Anak dan kesadaran orangtua terhadap anak harus sekolah tidak belaku sehingga anak tetap bekerja mencari penghasilan sendiri. Kata Kunci: Anak Bekerja, Faktor Struktur yang Enabling, Faktor Struktur yang Constraining

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Jul 2018 17:10
Last Modified: 27 Jul 2018 17:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37073

Actions (login required)

View Item View Item