ALEK BAKAJANG Pada Masyarakat Gunuang Malintang (Studi Kasus Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten 50 Kota)

HIDAYAT, HIDAYAT (2018) ALEK BAKAJANG Pada Masyarakat Gunuang Malintang (Studi Kasus Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten 50 Kota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK FIX pdf.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V pdf.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
fix pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tradisi Alek Bakajang merupakan sebuah tradisi yang memiliki arti yang sangat luas bagi masyarakat Nagari Gunung Malintang yang juga bertujuan untuk mengenang atau mengingat asal usul nenek moyang masyarakat Nagari Gunung Malintang, yang mana nenek moyang masyarakat Gunung Malintang telah berjasa membangun Nagari tersebut. Tradisi Alek Bakajang juga bertujuan sebagai pemersatu atau pengikat untuk menjalin silahturahmi dan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat di Nagari Gunung Malintang, karena dalam tradisi ini nantinya akan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong agar terlaksananya Alek Bakajang tersebut. Pada zaman dahulu tradisi Alek bakajang hanya sebagai hiburanpelepas lelah masyarakat setelah musim panen. Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifdenganteknikpengumpulan data wawancara, observasidanstudikasus. AdapunpemilihaninformandilakukandengancaraPurposive Sampling dan Snowball Sampling.Penelitimencobamemberi gambaransecermat mungkin mengenai prosesi alek bakajang, individu, kelompok, keadaan, dan gejala serta fenomena sosial tertentu pada masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tradisi Alek Bakajang ini sangat penting dan menarik untuk dilakukan, karena Alek Bakajang merupakan salah satu tradisi yang unik yang dimiliki oleh masyarakat Nagari Gunuang Malintang yang merupakan warisan dari nenek moyang dari zaman dahulu dan masih dipertahankan hingga saat ini ditengah perkembangan zaman. Selain itu didalam tradisi Alek Bakajang juga terdapat makna tersirat yang dapat mempersatukan dan menjalin tali-tali silaturahmi antar masyarakat diNagariGunung Malintang. Kata Kunci :Tradisi, Alek Bakajang, GunuangMalintang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sidarta Pujiraharjo, S.sos M.Hum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Jul 2018 16:57
Last Modified: 27 Jul 2018 16:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37071

Actions (login required)

View Item View Item