KONVERSI LAHAN PERTANIAN MENJADI LAHAN PERTAMBANGAN TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) DI NAGARI PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG

Fadly, Anderson (2018) KONVERSI LAHAN PERTANIAN MENJADI LAHAN PERTAMBANGAN TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) DI NAGARI PADANG SIBUSUK KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
abstrak + cover.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Masyarakat Padang Sibusuk dalam beberapa tahun terakhir telah mengalih fungsikan lahan pertanian mereka menjadi lahan pertambangan emas ilegal yang memiliki dampak terhadap lingkungan sekitar Nagari Padang Sibusuk. Tujuan dari penelitian adalah untuk memetakan lahan yang sudah beralih fungsi menjadi lahan pertambangan dan mengamati dampak terhadap lingkungan di Nagari Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung. Penelitian dilakukan menggunakan metoda survei, sampel diambil berdasarkan purposive random sampling. Dengan 3 ulangan masing-masing parameter nya yang dianalisis yaitu kandungan Hg tanah pada empat penggunaan lahan (hutan, sawah, tambang, dan pasca tambang). Data yang dihasilkan dipetakan dengan GIS menggunakan citra satelit landsat kemudian di overlaykan dengan batas nagari Padang Sibusuk sehingga menjadi peta penggunaan lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke empat penggunaan lahan memiliki kandungan Hg (0,36 1,65 ppm) yang melewati batas baku mutu lingkungan (0,01 – 0,3 ppm). Berdasarkan analisis data GIS pada tahun 2005, luas lahan tambang ± 83,39 Ha (3,2 %) dari luas Nagari Padang Sibusuk, tahun 2008 luas lahan tambang 246,89 Ha (9,4 %) dari luas Nagari Padang Sibusuk, dan tahun 2017 menjadi 108, 59 Ha (4,17 %) dari luas Nagari Padang Sibusuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Azwar Rasyidin, M.Agr
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 30 Jul 2018 10:10
Last Modified: 30 Jul 2018 10:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37059

Actions (login required)

View Item View Item