Sistem Pemantauan Kerusakan Pada Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua 4 TAK Berdasarkan Kadar Emisi Berbasis Mikrokontroler

Yodi, Yulistiawan (2018) Sistem Pemantauan Kerusakan Pada Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua 4 TAK Berdasarkan Kadar Emisi Berbasis Mikrokontroler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
awal.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sistem Pemantauan Kerusakan Pada Mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua 4 TAK Berdasarkan Kadar Emisi Berbasis Mikrokontroler Yodi Yulistiawan1, Dodon Yendri, M. Kom2 1) Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas 2) Dosen Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas ABSTRAK Manfaat dari penelitian tugas akhir ini adalah agar dapat mengetahui letak kerusakan pada mesin dengan melihat dari kadar emisinya. Jika kandungan emisi ini melebihi standar maka dapat diketahui bagian-bagian yang mengalami kerusakan pada mesin kendaraan bermotor. Alat ini menggunakan sensor MQ-2 untuk mendeteksi gas HC, sensor MQ-7 untuk mendeteksi gas CO, sensor MQ-135 untuk mendeteksi gas CO2 dan NOx, Arduino UNO dan Smartphone. Rata-rata error paling besar pada pengujian motor Satria FU yaitu sebesar HC=12,5% dan CO2=4%. Rata-rata error CO paling besar pada pengujian motor Vega R yaitu sebesar CO=16,30%. Rata-rata error NOx paling besar pada pengujian motor Revo yaitu sebesar NOx=13,63%. Dari kelima hasil Pengujian alat, perbedaan nilai error pengukuran disebabkan nilai kalibrasi, pengaruh udara luar dan juga disebabkan batas pengukuran pada sensor. Sensor yang digunakan memiliki batasan pengukuran yang tidak sama dengan alat ukur Cossber Emission sehingga pengukuran alat yang dirancang tidak sama. Nilai kalibrasi yang digunakan harus memiliki data yang beragam dan tepat. Dari hasil pengujian dan analisa, maka dapat diambil kesimpulan rancangan yang dibuat berhasil diimplementasikan menjadi sebuah sistem yang dapat mengukur emisi gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar bensin dengan tingkat keberhasilan 95,74%. Nilai total error pengujian yang didapat yaitu sebesar 4,26%. Dan sistem yang dibuat berhasil menampilkan output pada Smartphone dan informasi penyebab kerusakannya dengan tingkat keberhasilan 100%. Kata Kunci : Gas buang, HC, CO, CO2, NOx, Smartphone, Emisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DODON YENDRI, M. KOM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 27 Jul 2018 16:30
Last Modified: 27 Jul 2018 16:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item