Pengaruh Penambahan Asam Formiat dan Asam Propionat Terhadap Rendemen, Bahan Kering, Protein Kasar, Serat Kasar, Silase Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Ali, Imron (2018) Pengaruh Penambahan Asam Formiat dan Asam Propionat Terhadap Rendemen, Bahan Kering, Protein Kasar, Serat Kasar, Silase Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1 pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN ASAM FORMIAT DAN ASAM PROPIONAT TERHADAP RENDEMEN, BAHAN KERING,PROTEIN KASAR, SERAT KASAR, SILASE IKAN NILA (Oreochromis niloticus) Ali Imron1), Mirzah2), Montesqrit2) 1Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Payakumbuh 2018 2Bagian Nutrisi Dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Payakumbuh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis penggunaan campuran asam formiat dan asam propionat serta lama fermentasi terhadap kandungan rendemen, bahan kering, protein kasar dan serat kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancang Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis campuran asam formiat dan asam propionate/250 gram jumlah substrat) yaitu: A1 (3% campuran asam formiat dan asam propionate/250 gram jumlah substrat), A2 (5% campuran asam formiat dan asam propionat/250 gram jumlah substrat), A3 (7% campuran asam formiat dan asam propionat/250 gram jumlah substrat) kemudian faktor B (lama fermentasi) yaitu B1 (3 hari), B2 (5 hari), B3 (7 hari). Peubah yang diamati yaitu: rendemen, bahan kering, protein kasar, serat kasar. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi (P>0,05) antara dosis campuran asam formiat dan asam propionate serta lama fermentasi terhadap kandungan rendemen, protein kasar dan serat kasar, tetapi pada dosis campuran asam formiat dan asam propionate serta lama fermentasi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan bahan kering. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh lama fermentasi dengan penambahan campuran asam formiat dan asam propionate terhadap silase ikan nila yang tidak layak dikonsumsi terbaik pada perlakuan A1B2 yaitu dengan penambahan 3 % campuran asam dengan lama fermentasi 5 hari. Rendemen pada perlakuan A1B2 yaitu 27,89 %, pada bahan kering terdapat pada perlakuan A1B2 yaitu 24,69 %, pada protein kasar (%BKU) terdapat pada perlakuan A1B2 yaitu 66,47 %, pada serat kasar (%BKU) terdapat pada perlakuan A1B2 yaitu 0,35 %. Kata kunci: Silase, ikan nila, fermentasi, asam organik, zat makanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mirzah, Ms
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Jul 2018 15:45
Last Modified: 27 Jul 2018 15:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37010

Actions (login required)

View Item View Item