LEGALITAS PENGGUNAAN KEKUATAN BERSENJATA TERHADAP PIHAK ASING YANG MENGHALANGI UPAYA PEMBERANTASAN ILLEGAL, UNREGULATED, UNREPORTED (IUU) FISHING DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) (Studi Mengenai Masuknya Coastguard China Ke ZEE Indonesia Dalam Upaya Pengamanan Kapal Nelayan Kway Fei 10078 Di Laut Natuna)

ARCY, RAHMAN PUTRA (2018) LEGALITAS PENGGUNAAN KEKUATAN BERSENJATA TERHADAP PIHAK ASING YANG MENGHALANGI UPAYA PEMBERANTASAN ILLEGAL, UNREGULATED, UNREPORTED (IUU) FISHING DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) (Studi Mengenai Masuknya Coastguard China Ke ZEE Indonesia Dalam Upaya Pengamanan Kapal Nelayan Kway Fei 10078 Di Laut Natuna). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas, sehingga menjadi sasaran negara-negara tetangga untuk melakukan IUU Fishing di ZEE-nya. Akhir-akhir ini adanya tindakan IUU Fishing yang dilakukan olah kapal nelayan China di ZEE Indonesia serta diiringi dengan masuknya coastguard China yang memasuki ZEE Indonesia untuk melakukan pengamanan terhadap Kapal Nelayan China tersebut. Kejadian kasus ini sangat menarik untuk diteliti yang dikaitkan dengan Hukum Internasional dan Nasional yang berlaku. Sehingga penelitian ini diberi judul “LEGALITAS PENGGUNAAN KEKUATAN BERSENJATA TERHADAP PIHAK ASING YANG MENGHALANGI ILLEGAL, UNREGULATED, UNREPORTED (IUU) FISHING DI ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) (Studi Masuknya Coastguard China ke ZEE Indonesia Dalam Upaya Pengamanan Kapal Nelayan Kway Fei 10078 di Laut Natuna), dengan rumusan masalah bagaimana legalitas masuknya coastguard China ke ZEE Indonesia dalam upaya melindungi Kapal Nelayan Kway Fei 10078 dan bagaimana legalitas penggunaan kekuatan bersenjata terhadap pihak asing yang menghalangi upaya pemberantasan Illegal, Unregulated, Unreported Fishing di ZEE serta apakah tindakan semestinya yang dilakukan Indonesia terhadap tindakan China tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui legalitas masuknya coastguard China ke ZEE Indonesia dalam upaya melindungi Kapal Nelayan Kway Fei 10078 dan mengetahui legalitas penggunaan kekuatan bersenjata terhadap pihak asing yang menghalangi upaya pemberantasan Illegal, Unregulated, Unreported Fishing di ZEE serta untuk mengetahui tindakan semestinya yang dilakukan Indonesia terhadap tindakan China tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara yuridis normatif yakni mencari ketentuan-ketentuan yang berlaku dan bahan-bahan kepustakaan. Berdasarkan analisa dan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa masuknya coastguard China ke ZEE Indonesia yang melindungi Kapal Kway Fei 10078 adalah illegal, karena kapal negara lain hanya diberi hak untuk berlayar saja tidak untuk melindungi kapal lain yang melakukan pelanggaran di wilayah ZEE negara lain sesuai pasal 58 UNCLOS 1982. Terkait pembalasan serangan bersenjata terhadap pihak asing yang menghalangi pemberantasan IUU Fishing bisa dilakukan, karena hak self defense yang diberikan oleh pasal 51 Piagam PBB dapat diwujudkan oleh negara yang diganggu oleh pihak asing. Tindakan pihak asing yang mengganggu tersebut biasanya berupa mendatangkan kapal perang atau coastguard untuk melakukan pengamanan. Sebenarnya kapal suatu negara mempunyai imunitas di wilayah laut negara lain, tetapi jika dikaitkan dengan teori kapal negara adalah ekstrateritorial dari suatu negara tindakan pihak asing itu sudah termasuk kategori mengganggu integritas keamanan negara sehingga boleh dibalas dengan serangan bersenjata sebagai self defense, tetapi membalas dengan serangan senjata negara yang dirugikan tetap mempertimbangkan prinsip proportional dan necessary dalam menggunakan kekuatan bersenjata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Firman Hasan, S.H., L.L.M.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jul 2018 16:22
Last Modified: 27 Jul 2018 16:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36990

Actions (login required)

View Item View Item