PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI (Oryza sativa) METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION DENGAN PEMBERIAN MULSA PAITAN (Tithonia diversifolia) DALAM PENEKANAN PERTUMBUHAN GULMA

Dean, Naufal (2018) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PADI (Oryza sativa) METODE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION DENGAN PEMBERIAN MULSA PAITAN (Tithonia diversifolia) DALAM PENEKANAN PERTUMBUHAN GULMA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover - abstrak)
ABSTARK.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada lahan sawah petani yang berada di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang dari bulan Maret sampai dengan Juli 2017. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dosis mulsa Tithonia yang terbaik dalam menekan pertumbuhan gulma, sehingga pertumbuhan dan hasil tanaman padi metode SRI lebih baik. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 4 perlakuan dosis mulsa Tithonia (0, 13, 26, 39 ton ha1) dan 3 kelompok. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%. Uji lanjut yang digunakan adalah Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis mulsa Tithonia 39 ton ha-1 dapat menekan pertumbuhan gulma dimana memiliki berat kering gulma yang paling kecil yakni 308.98 gram meter-2. Sedangkan bila tidak diberikan mulsa, berat kering gulma sebesar 1197.57 gram meter-2. Hasil panen padi terbaik yang dimiliki adalah dengan dosis mulsa Tithonia 39 ton ha-1 yakni 2,3 ton ha-1. Sedangkan bila tidak diberikan mulsa, hasil panen padi yang dimiliki yakni 1,45 ton ha-1. Kata kunci : Tithonia, SRI, gulma, padi, mulsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:56
Last Modified: 27 Jul 2018 11:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item