Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Di Polres Kota Padang Panjang (Studi Di Polres Kota Padang Panjang)

Jerri, Setiawan (2018) Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Di Polres Kota Padang Panjang (Studi Di Polres Kota Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
ISI BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Hasil Penelitian)
ISI BAB IV.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text-min.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Permasalahan penyalahgunaan narkotika merupakan permasalahan yang sudah menjadi ancaman bagi masyarakat, baik itu nasiaonal maupun internasional. Penyalahgunaan narkotikapun hampir setiap hari menjadi perbincangan. Pada pasal 1 ayat (15) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika menjelaskn bahwa penyalah guna adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum. Kota padang panjang yang terkenal dengan kota serambi mekah yang seperti diketahui kuat akan ajaran agamanya, tidak luput dari penyalahgunaan narkotika ini. Penyalahgunaan narkotika yang bersifat borderless artinya dapat terjadi pada siapa saja, baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, bahkan orang tua sekalipun bisa menjadi korban dari penyalahgunaan narkotika. Berdasarkan hal tersebutlah penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika di Polres kota Padang Panjang, dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data dengan proses wawancara, adapun permasalahan yang penulis teliti adalah 1) Bagaimana pelaksanaan penyidikan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, 2) Apa kendala yang dihadapi penyidik dalam penyidikan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, 3) Untuk mengetahui bagaimana cara penyidik dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penyidikan tindak pidanan penyalahgunaan narkotika. Hasil penelitian yang didapat penulis adalah 1) Pelaksanaan penyidikan yang didasarkan kepada Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, KUHAP. 2) Kendala yang dihadapi oleh penyidik polres kota Padang Panjang adalah belum tercukupinya dana untuk melakukan penyidikan, sarana dan prasarana yang masih dinilai kurang, dan kurangnya kesadaran dari masyarakat akan bahaya narkotika. 3) Upaya yang dilakukan oleh penyidik narkoba polres kota Padang Panjang adalah dengan menggunakan dana dari para penyidik terlebih dahulu dengan melaporkan kepada atasan atas kekurangan dana, mempergunakan sarana dan prasarana yang ada secara maksimal, memberikan sosialisasi tentang narkoba kepada masyarakat kota Padang Panjang. kata kunci : Tindak Pidana Narkotika, Penyidikan, Polres Kota Padang Panjang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H.,M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:52
Last Modified: 27 Jul 2018 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36926

Actions (login required)

View Item View Item