Isolasi, Karakterisasi, dan Uji Toksisitas Senyawa Triterpenoid dari Ekstrak Etil Asetat Kulit Batang Surian (Toona sinensis)

MHD, FADHLI SETIAWAN (2018) Isolasi, Karakterisasi, dan Uji Toksisitas Senyawa Triterpenoid dari Ekstrak Etil Asetat Kulit Batang Surian (Toona sinensis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tumbuhan surian (Toona sinensis) merupakan salah satu tumbuhan berkhasiat obat tradisional dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional untuk mengobati diare, disentri, demam serta pembengkakan limpa. Ekstrak dari tumbuhan surian memiliki aktivitas biologis yang menarik seperti antioksidan, antibakteri, insektisida, dan sitotoksik. Hal ini menunjukkan bahwa tumbuhan surian mengandung berbagai macam senyawa metabolit sekunder yang berpotensi memiliki aktivitas biologis tersebut. Isolasi senyawa triterpenoid dari ekstrak etil asetat kulit batang surian dilakukan dengan teknik kromatografi kolom. Senyawa hasil isolasi berupa padatan berwarna putih. Spektrum UV senyawa menunjukkan adanya serapan maksimum pada λmax = 204 nm sedangkan spektrum IR senyawa menunjukkan adanya serapan gugus geminal dimetil pada panjang gelombang 1372,98 cm-1 dan 1282,21 cm-1 yang merupakan ciri khas dari senyawa triterpenoid. Hasil uji toksisitas menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat kulit batang surian dikategorikan bersifat toksik karena memiliki nilai LC50 sebesar 294,44 mg/L. Kata Kunci : Toona sinensis, triterpenoid, toksisitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. ADLIS SANTONI
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:01
Last Modified: 27 Jul 2018 11:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36896

Actions (login required)

View Item View Item