Analisis Customer Relation Kedai Kopi Rimbun Espresso Brew And Bar Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ryan, Shauky Rozaq (2018) Analisis Customer Relation Kedai Kopi Rimbun Espresso Brew And Bar Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
14. BAB I REVISI SIDANG.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
18. BAB V REVISI SIDANG.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA REVISI SIDANG.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Semakin menjamurnya gerai kopi di Indonesia memperlihatkan bisnis ini cukup menjanjikan. Persaingan ketat antara perusahaan membuat para pelaku bisnis terus melakukan inovasi baru dan berani tampil beda dari pesaingnya. Hal ini dilakukan utuk mendapatkan pelanggan, mempertahankan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui bagaimana upaya customer relation kedai kopi Rimbun Espresso Brew and Bar dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus dan penelitian lapangan. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, proses penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh Rimbun Espresso Brew and Bar sesuai dengan teori proses CRM yang dikemukakan oleh Lukas (2001:116) seperti: Identifikasi, differensiasi, interaksi, personalisasi. selain itu ada 3 program yang dijalankan oleh Rimbun Espresso Brew and Bar untuk mempertahankan pelanggan yaitu terdiri dari pemasaran berkelanjutan (continuity marketing), pemasaran individual (one to one marketing) dan hubungan kemitraan (partnering program). Penerapan program program CRM yang dilakukan Rimbun Espresso Brew and Bar berdampak terhadap peningkatan loyalitas pelanggan yang dibuktikan oleh peningkatan penjualan kopi. Kata kunci: CRM, Loyalitas Pelanggan, continuity marketing, one to one marketing, one to one marketing, Rimbun Espresso Brew and Bar

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:04
Last Modified: 27 Jul 2018 11:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36863

Actions (login required)

View Item View Item