Sistem Administrasi Penerimaan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit dan Pengiriman Hasil Produk di Perusahaan PT. Jamika Raya Muaro Bungo

Friska, Ramadhani (2018) Sistem Administrasi Penerimaan Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit dan Pengiriman Hasil Produk di Perusahaan PT. Jamika Raya Muaro Bungo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover TUGAS AKHIR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA TA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Gab. bab 1 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam setiap instansi atau perusahaan pemerintah maupun swasta tidak terlepas dari berbagai aktifitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam pencapaian tujuan tersebut dengan baik maka di perlukan administrasi yang baik. Administrasi adalah proses kerja sama sekelompok manusia dengan cara yang paling efektif dan efisiensi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam suatu organisasi(Yuliati,2015:6) Administrasi merupakan proses kegiatan penataan, mengurus dan mengelola pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Selain itu,administrasi juga merupakan urat nadi pada perusahaan yang dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan atau data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan. Sedangkan, sistem administrasi serangkai kegiatan yang melakukan catat mencatat, surat menyurat yang dilakukan pada suatu ketatausahaan. Kegiatan itu juga berupa data-data transaksi, keuangan, perjanjian perdagangan, hartapersediaan,dansebagainya. Administrasi merupakan peranan penting dalam kehidupan, juga sangat berpengaruh pada perusahaan atau instansi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.Salah satunya adalah perusahaan PTJamika Raya. Perusahaan PTJamika 2 Raya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang terletak di Kecamatan Limbur Mengkuang, Kabupaten Muaro Bungo, Jambi. Kelapa sawit (Elais guineensis Jacq) merupakan jenis tanaman perkebunan berupa pohon. Tanaman ini mulai di tanam sebagai tanaman komersial di Indonesia sejak 1911 (Pardamean, 2011:5). Sejalan dengan perkembangan areal, produksi kelapa sawit juga meningkat. Pada dasarnya kelapa sawit dipanen dalam bentuk tandan buah segar (TBS). Tandan buah segar (TBS) ini diolah menjadi produksetengahjadidalambentukminyakkelapasawitataucrudepalmoil(CPO). Proses administrasi pada produksi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dimulai dengan penerimaan hasil panen hingga mengolah bahan baku tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sampai menjadi Crude Palm Oil (CPO). Proses pengolahan tandan buah segar (TBS) di setiap pabrik umumnya bertujuan untuk memperoleh minyakdengankualitasyangbaikdanmudahdipucatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Denny Yohana,S.E.,M.Si.,Ak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 27 Jul 2018 12:11
Last Modified: 27 Jul 2018 12:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36845

Actions (login required)

View Item View Item