PENGARUH PERBEDAAN STABILIZER PADA PEMBENTUKAN LAPISAN TIPIS TiO2 DENGAN METODE DIP-COATING DAN UJI AKTIVITAS FOTOKATALITIKNYA

Wingki, Mey Hendra (2018) PENGARUH PERBEDAAN STABILIZER PADA PEMBENTUKAN LAPISAN TIPIS TiO2 DENGAN METODE DIP-COATING DAN UJI AKTIVITAS FOTOKATALITIKNYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis lapisan tipis TiO2 dengan penambahan stabilizer serta mempelajari pengaruhnya terhadap morfologi dan sifat fotokatalitik melalui uji degradasi metilen biru. Jenis stabilizer yang digunakan ada empat macam yaitu: tetra metil ammonium hidroksida (TMAOH), dietanolamin (DEA), asam sitrat, dan asam laktat. Hasil XRD (X-Ray Diffraction) menunjukan pada penambahan stabilizer DEA dan asam sitrat menghasilkan lapisan tipis TiO2 dengan dua fasa yaitu anatase dan rutile sedangkan pada asam laktat dan TMAOH hanya terdapat fasa anatase. Data spektroskopi UV-Vis menunjukan bahwa penambahan asam laktat dan dietanolamin menghasilkan lapisan tipis TiO2 dengan sifat transparan yang paling tinggi. Observasi morfologi dengan SEM (Scanning electron microscopy) menunjukkan partikel dengan pori yang homogen diperoleh pada lapisan tipis TiO2 dengan penambahan stabilizer dietanolamin. Hasil foto TEM (Transmission electron microscopy) menunjukkan bahwa hanya penambahan asam laktat menghasilkan titania yang kristalin berfasa tunggal sedangkan pada penambahan asam sitrat menghasilkan titania yang berfasa campuran. Berdasarkan data uji degradasi metilen biru yang memiliki persentase degradasi tertinggi adalah dengan penambahan stabilizer asam sitrat yaitu 93,19%. Kata kunci: TMAOH, DEA, Asam sitrat, asam laktat, sifat aktivitas fotokatalitik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng. Yulia Eka Putri
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:19
Last Modified: 27 Jul 2018 09:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36836

Actions (login required)

View Item View Item