PENEGAKAN HUKUM OLEH PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBAKARAN HUTAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR ROKAN HILIR

Mustaqim, Almond (2018) PENEGAKAN HUKUM OLEH PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBAKARAN HUTAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR ROKAN HILIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abtrsak.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi fix akim27.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENEGAKAN HUKUM OLEH PENYIDIK KEPOLISIAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBAKARAN HUTAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR ROKAN HILIR Mustaqim Almond.1410111022.Fakultas Hukum Universitas Andalas.PK IV (HukumPidana. 67 Halaman.Tahun 2018) ABSTRAK Pembakaran hutan merupakan tindak pidana yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem tapi kabut asap yang ditimbulkannya membawa kerugian yang besar bagi kehidupan dan masyarakat yang hidup disekitar atau diluar wilayah pembaran tersebut, terutama di wilayah Riau khususnya Rokan Hilir. Tindak pidana ini merupakan kejahatan yang luar biasa terhadap kehutanan. Permasalahan penelitian ini tentang (1) bagaimana penegakan hukum yang dilakukan oleh penyidik kepolisian resor rokan hilir terhadap pelaku tindak pidana pembakaran hutan yang terjadi di kabupaten Rokan Hilir (2) apakah kendala – kendala yang dihadapi penyidik kepolisian resor Rokan Hilir dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana pembakaran hutan di wilayah kabupatenn Rokan Hilir dan bagaimana solusinya. Penelitian ini dilakukan dengan metode sosiologis-empiris, yaitu penelitian lapangan (field research) untuk memperoleh data primer dan sekunder berupa buku, dokumen dan hasil wawancara dengan narasumber terkait skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Bentuk upaya penegakan yang dilakukan Polres Kabupaten Rokan Hilir sebelum dilakukannya penegakan hukum yakni dengan cara preventif yaitu memberi himbauan, memasang spanduk, melakukan razia, melakukan patroli dan penegakan hukum represif yang dilakukan yaitu, menerima laporan, mencari saksi, melakukan penyelidikan,menindak pelaku tindak pidana. Kendala yang dihadapi berupa kendala internal dan kendala ekternal, kendala ekternal yakni masyarakat kurang tanggap melapor, masyarakat enggan menjadi saksi, sulit mencari barang bukti jarak tempuh lokasi kejadian karhutla jauh, sulitnya jaringan komunikasi dilokasi karhutla lokasi kejadian karhutla sulit ditempuh baik dengan kendaraan roda,roda empat dan jalan kaki, sedangkan dari internal yakni adanya keterlambatan pihak kepolisian dalam melakukan penyidikan dan penyelidikan dalam menangani tindak pidana pembakaran hutan tersebut sehingga akibatnya tidak cukup bukti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis,S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jul 2018 12:22
Last Modified: 27 Jul 2018 12:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36794

Actions (login required)

View Item View Item