ANALISIS KADAR LOGAM (Cu, Zn, Fe) PADA IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DAN TANAMAN PAKCOY (Brassica Rapa L.) DALAM SISTEM AKUAPONIK

EGIETA, FARAIDY ABE (2018) ANALISIS KADAR LOGAM (Cu, Zn, Fe) PADA IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DAN TANAMAN PAKCOY (Brassica Rapa L.) DALAM SISTEM AKUAPONIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Akuaponik merupakan teknologi yang menggabungkan budidaya hewan akuatik dan tanaman hidroponik dengan memanfaatkan sistem resirkulasi air. Membutuhkan lahan yang sempit, efisien terhadap penggunaan air serta dapat mengurangi limbah akuakultur menjadikan teknologi akuaponik sebagai solusi dari permasalahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar logam (Cu, Zn dan Fe) yang terkandung dalam ikan nila (Oreochromis Niloticus) dan tanaman pakcoy (Brassica Rapa L). Teknik pengambilan sampel ikan dan tanaman dilakukan secara acak. Metoda destruksi basah dengan pelarut aquaregia (HCl : HNO3) digunakan untuk preparasi sampel ikan dan tanaman. Kadar logam Cu, Zn, dan Fe dianalisa menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom. Hasil penelitian menunjukkan kadar logam Cu, Zn, Fe tertinggi pada daging ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah 23,94 mg/kg, 157,10 mg/kg, 826,91 mg/kg. Kadar logam esensial Cu, Zn, Fe tertinggi pada tanaman pakcoy adalah 27,82 mg/kg, 210,81 mg/kg, 2583,61 mg/kg, ketiga kadar logam tertinggi pada tanaman terdapat pada sampel yang dianalisa di hari ke 30. Penelitian ini menunjukkan bahwa kadar logam Cu, dan Zn pada ikan nila dan tanaman pakcoy telah melebihi batas maksimum standar nasional menurut Surat Keputusan DirJend POM/03725/B/SKVII/89. Kata kunci : Akuaponik, logam (Cu,Zn,Fe), ikan nila (Oreochromis Niloticus), pakcoy (Brassica Rapa L).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Deswati
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 26 Jul 2018 17:07
Last Modified: 26 Jul 2018 17:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36743

Actions (login required)

View Item View Item