PERAN KOMUNITAS BINTANG HARAU DALAM AGENDA PARIWISATA FESTIVAL PASA HARAU (Studi Pada Komunitas Bintang Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota)

Agung, Agung (2018) PERAN KOMUNITAS BINTANG HARAU DALAM AGENDA PARIWISATA FESTIVAL PASA HARAU (Studi Pada Komunitas Bintang Harau, Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak pdf1.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V pdf.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
UPLOAD SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peran Komunitas Bintang Harau dalam Agenda PariwisataFestival Pasa Harau”. Komunitas Bintang Harau memiliki peran dalam agenda pariwisata di Nagari harau. Hal ini karena komunitas Bintang Harau memberikan peluang untuk berkembangnya kesenian tradisional. Jika kesenian tradisional berkembang, hal itu akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan pariwisata di Nagari Harau. Sehingga keberadaan Komunitas Bintang Harau memberikan keuntungan bagi masyarakat dan pariwisata di nagari Harau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dilakukan oleh Komunitas Bintang Harau dalam menggali potensi pariwisata di Nagari Harau. Selain itu penelitia ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan upaya Komunitas Bintang Harau dalam melestarikan kesenian tradisional melalui agenda pariwisata Pasa Harau. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data purposive sampling. Penelitian ini bertempat di Nagari Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah komunitas Bintang Harau dan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil dan aktifitas Komunitas Bintang Harau dalam pembangunan pariwisata di Nagari Harau. Bintang Harau adalah Komuniatas yang bergerak dalam bidang seni tradisional. Mereka bergerak dalam kegiatan-kegiatan seni yang ada di Nagari Harau. Contohnya dalam kegiatan festival Pasar Harau dan kegiatan-kegiatan seni setempat lainnya. Komunitas Bintang Harau mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya menggali potensi pariwisata melalui kegiatan-kegiatan kesenian. Hal ini yang menjadi visi misi Komunitas Bintang harau. Kegiatan utama yang sering diikuti oleh Komunitas Bintang Harau yaitu Festival Pasar Harau. kegiatan Festival ini memberikan peluang yang besar bagi masyarakat bersama Komunitas Bintang Harau untuk mengembangkan pariwisata di Nagari harau. Dalam kegiatan Festival ini Komunitas Bintang Harau ikut andil secara aktif. Dan disaat yang sama mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif juga. Dalam Festival ini Komunitas Bintang Harau akan menunjukkan potensi mereka dengan menampilkan tari tradisional, musik dan kesenian lainnya. festival Pasar Harau merupakan sarana yang penting bagi komunitas ini dalam menggalakkan pariwisata di Nagari Harau. Kata kunci: Komunitas, Bintang Harau, Pasar Harau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.EdiIndrizal,M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:30
Last Modified: 27 Jul 2018 11:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36705

Actions (login required)

View Item View Item