Rancang Bangun Sistem Identifikasi dan Pengukuran Kadar Gula Dalam Tubuh Manusia Melalui Urine Mengggunakan Metode Fuzzy Logic Control Berbasis Mini PC

Gentha, Wijaya (2018) Rancang Bangun Sistem Identifikasi dan Pengukuran Kadar Gula Dalam Tubuh Manusia Melalui Urine Mengggunakan Metode Fuzzy Logic Control Berbasis Mini PC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem identifikasi kadar gula dalam tubuh manusia melalui urine berbasis Mini PC. Sistem ini bertujuan sebagai pendukung pengambilan keputusan mengenai kadar gula dalam tubuh setelah dilakukan uji benedict. Tingkat kadar gula yang terdapat pada urine seseorang dikelompokkan berdasarkan kategori warna uji benedict. Sistem ini terdiri atas dua komponen utama yaitu alat identifikasi dan smartphone Android yang digunakan user. Alat identifikasi terdiri dari sensor warna TCS3200 dan Raspberry Pi. Sensor warna TCS3200 akan membaca perubahan warna urine dan untuk menentukan kategori warna dan tingkat kadar gula dari warna urine hasil uji benedict menggunakan metode logika fuzzy Tsukamoto serta menampilkan hasil dan riwayat pada aplikasi smartphone Android. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa sensor warna dapat mengidentifikasi warna urine sebagai pedoman identifikasi kadar gula darah dengan persentase keberhasilan 100 % dan hasil pemrosesan pengolahan fuzzy logic control pada Raspberry Pi untuk pengambilan keputusan identifikasi kadar gula melalui urine dengan persentase sebesar 90 %. Dari hasil keseluruhan diperoleh error sebesar 5.6 %. Untuk hasil yang lebih akurat, sensor warna TCS3200 harus terhindar dari pengaruh cahaya dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: BUDI RAHMADYA, M.ENG
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:20
Last Modified: 27 Jul 2018 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item View Item