UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, TOKSISITAS DAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL DARI DAUN PURING MERAH (Codiaeum variegatum (L.) Rumph)

Seri, Sartika (2018) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, TOKSISITAS DAN KANDUNGAN FENOLIK TOTAL DARI DAUN PURING MERAH (Codiaeum variegatum (L.) Rumph). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Puring merah (Codiaeum variegatum (L.) Rumph) merupakan tanaman yang memiliki tingkat keragaman yang sangat tinggi baik dalam warna maupun bentuk daun. Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias, puring juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat diantaranya obat antifungal, antikanker, obat diare berdarah, obat penahan rasa sakit dan sebagai anti influenza. Uji kualitatif kandungan senyawa metabolit sekunder dari daun puring menunjukkan adanya flavonoid, fenolik, triterpenoid, steroid dan alkaloid. Kandungan fenolik total yang terdapat pada ekstrak etanol, fraksi etil asetat, fraksi n-heksana dan fraksi air secara berturut-berturut adalah 0,264; 0,298; 0,144 dan 0,378 mg GAE/mg ekstrak. Aktivitas antioksidan dengan menggunakan metode DPPH menunjukkan bahwa ekstrak etanol memiliki aktivitas antioksidan dengan kekuatan sedang, diperoleh nilai IC50 sebesar 245,94 mg/L, fraksi etil asetat dan fraksi air bersifat kuat antioksidan dengan nilai IC50 secara berturut-turut 23,80 dan 16,46 mg/L, sedangkan fraksi nheksana tidak aktif sebagai antioksidan karena nilai IC50 sebesar 536,15 mg/L. Aktivitas toksisitas dari ekstrak etanol, fraksi etil asetat, fraksi nheksana dan fraksi air menunjukkan bahwa ekstrak dan fraksi tersebut bersifat toksik karena nilai LC50 yang diperoleh kecil dari 1000 mg/L. Nilai LC50 masing-masing ekstrak dan fraksi secara berturut-turut adalah 79,43; 169,82; 31,62 dan 512,86 mg/L. Kata kunci : Codiaeum variegatum (L.) Rumph, Metabolit sekunder, Antioksidan, Fenolik total, Toksisitas.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Hasnirwan, M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Jul 2018 09:09
Last Modified: 27 Jul 2018 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36683

Actions (login required)

View Item View Item