penerapan proses pengadaan jasa kontruksi di pt semen padang, d3 manajemen pemasaran, universitas andalas

mike, astari (2018) penerapan proses pengadaan jasa kontruksi di pt semen padang, d3 manajemen pemasaran, universitas andalas. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER BENER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (tugas akhir full)
combinepdf(1).pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia industri dan teknologi informasi membawa dampak pada peningkatan persaingan bisnis antar perusahaan. Setiap perusahaan akan berupaya meningkatkan kinerja untuk dapat memperoleh hasil yang optimal dan memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan yaitu pemasok (supplier/vendor) yang berperan sebagai pemasok kebutuhan operasional perusahaan baik berupa bahan baku maupun suku cadang peralatan pabrik. Manajemen logistik salah satu aktivitas perusahaan yang tertua tetapi juga termuda di semua perusahaan. Aktivitas logistik telah dilaksanakan orang semenjak awal spesialisasi komersil. Sulit untuk dapat membayangkan sesuatu pemasaran atau manufakturing yang tidak membutuhkan sokongan logistik termasuk PT Semen Padang. Penyelenggaraan logistik memberikan kegunaan (utility) waktu dan tempat. Kegunaan tersebut merupakan aspek penting dari operasi perushaan dan juga pemerintah. Semua bentuk prilaku yang teroganisir membutuhkan sokongan logistik. Nilai dalam bentuk tersedianya barang pada waktunya yang ditambahkan kepada material atau produk adalah suatu hasil dari proses logistik. Manajemen logistik juga meliputi segala sesuatu yang memindahkan ke, dari, dan diantara fasilitas-fasilitas perusahaan. Dengan adanya pengadaan di setiap perusahaan dapat mencerminkan berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Pengadaan merupakan proses perolehan barang atau jasa dalam pembelian dengan biaya terbaik mulai dari sumber barang sampai dengan tempat tujuan berdasarkan tepat mutu, jumlah, harga, waktu yang efektif dan efisien untuk mencapainya tujuan perusahaan. Dengan begitu pengadaan sangat pentingnya terhadap perusahaan, karena dengan adanya pengadaan perusahaan bisa mencapai tujuannya. PT Semen Padang merupakan pabrik semen tertua di Indonesia yang didirikan pada 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlansch Indische Portland Cemen Maatschappij (NV NIPCM). Pabrik semen telah berproduksi pada tahun 1913 sampai sekarang. PT Semen Padang menghasilkan produk semen yang berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen dan juga memproduksi semen dalam jumlah besar untuk memenuhi permintaan pasar. PT Semen Padang memasarkan produk semennya di beberapa wilayah di Sumatera dan Jawa sebagai daerah pemasaran utamanya. Sebagai perusahaan manufakturing yang besar PT Semen Padang perlu menerapkan kemajuan teknologi yang canggih untuk membantu kelancaran operasional perusahaan untuk mempermudah pencapaian tujuan yang ditargetkan sebelumnya. Misalnya, untuk mempercepat penyampaian laporan keuangan maka perusahaan perlu menerapkan sistem komputerisasi pelaporan keuangan dengan menggunakan sistem SAP. Untuk memenuhi kebutuhan jasa yang di perlukan PT Semen Padang mempunyai suatu Biro khusus menangani masalah pengadaan jasa, dimana biro tersebut dibawah Depertemen Pengadaan. Pihak perusahaan akan membuat kontrak kerja terlebih dahulu untuk mengatur hal-hal yang bersangkutan dengan pemakaian jasa yang dibutuhkan oleh pihak user PT Semen Padang. Kontrak kerja juga merupakan suatu bentuk perjanjian atau kesepakatan antara dua belah pihak antara PT Semen Padang sebagai pihak pertama dengan vendor sebagai pihak kedua. Menurut Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional No 10 Tahun 2013 memberikan definisi bahwa Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi adalah jenis usaha jasa konstruksi yang menyediakan layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, yang dibedakan menurut bentuk usaha, klasifikasi dan kualifikasi usaha jasa pelaksana konstruksi. Salah satunya pengadaan jasa kontruksi yang ada di PT Semen Padang. Di dalam sistem PT Semen Padang diperlukan pemasaran jasa yang baik dan berorientasi ke masa depan. Artinya, bahwa PT Semen Padang mampu melaksanakan perluasan produk, perubahan strategi, dapat mengantisipasi berbagai keadaan yang akan dihadapi dan meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga hal tersebut dapat menunjang keberhasilan suatu perusahaan. Departemen Pengadaan berfungsi mengintegrasikan kegiatan managerial dalam melakukan pengadaan persediaan dan pemakaian barang dan jasa berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pencapaian memenuhi sasaran perusahaan. Sasarannya adalah membantu kelancaran produksi dengan memenuhi kebutuhan barang dan jasa secara tepat guna dan tepat waktu melalui optimalisasi pembelian. Oleh karena itu, diharapkan mampu untuk menanggulangi berbagai kekurangan sehingga dapat lebih efektif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Dari latar belakang di atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah penerapan proses pengadaan jasa non rutin dibidang kontruksi yang dijalankan oleh PT Semen Padang dalam melakukan aktivitas bisnis. Oleh karena itu, penulis memilih judul laporan,”Penerapan Proses Pengadaan Jasa Kontruksi di PT Semen Padang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ERI BESRA, SE, MM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:38
Last Modified: 27 Jul 2018 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item