DAMPAK SOSIAL EKONOMI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH BAGI BURUH TANI DAN PENYAKAP DI KOTA PADANG PANJANG (Studi Kasus : Kecamatan Padang Panjang Timur)

Resty, Handayani (2018) DAMPAK SOSIAL EKONOMI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH BAGI BURUH TANI DAN PENYAKAP DI KOTA PADANG PANJANG (Studi Kasus : Kecamatan Padang Panjang Timur). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
3. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lahan adalah sumber daya yang paling penting. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, lahan pertanian menjadi terancam. Fenomena ini memacu terjadinya alih fungsi lahan sawah menjadi perumahan, industri, perdagangan, dan sarana publik. Alih fungsi lahan sawah tidak hanya menurunkan kapasitas produksi padi tetapi juga mempengaruhi kesempatan kerja dan kesempatan usaha sektor pertanian. Studi kasus ini mempelajari dampak dari alih fungsi lahan sawah terhadap buruh tani dan penyakap yang bertujuan (1) Mengetahui perubahan penghidupan buruh tani dan petani penyakap (2) Mengetahui perubahan pendapatan seiring dengan terjadinya alih fungsi lahan sawah di Padang Panjang. Dengan mewawancarai secara mendalam informan kunci yang terdiri dari 4 orang buruh tani dan 4 orang petani penyakap tentang perubahan penghidupan mereka sebelum dan setelah alih fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih fungsi lahan sawah berdampak secara sosial dan terhadap tingkat pendapatan bagi buruh tani dan penyakap. Buruh tani dan penyakap yang tidak mampu mengelola aset rumah tangga cenderung akan bertahan pada sektor pertanian. Ketidakmapuan buruh tani dan penyakap dalam mengelola aset rumah tangganya mengakibatkan tingkat kesejahteraan rumah tangganya menurun. Sedangkan buruh tani dan penyakap yang mampu mengelola aset rumah tangga cenderung memilih pekerjaan di sektor non pertanian seiring dengan terjadinya alih fungsi lahan sawah. Buruh tani dan penyakap yang mampu mengelola aset rumah tangganya dan telah beralih pekerjaan pada sektor non pertanian mengalami peningkatan pendapatan rumah tangga yang berujung pada peningkatan kesejahteraan rumah tangga mereka Kata kunci: Alih fungsi lahan, buruh tani, penyakap, dampak sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP. M.Si. Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Jul 2018 15:40
Last Modified: 26 Jul 2018 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36568

Actions (login required)

View Item View Item