Uji diagnostik dan prognostik CD64 netrofil untuk sepsis pada anak dengan Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS)

Herlina, Herlina (2017) Uji diagnostik dan prognostik CD64 netrofil untuk sepsis pada anak dengan Systemic Inflammatory Response Syndrome (SIRS). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (Pendahuluan) pdf.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Sepsis merupakan salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas pada anak di negara industri dan negara berkembang. Keadaan ini sering dijumpai pada unit perawatan intensif anak.Meskipun menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, sepsis masih merupakan penyebab utama kematian pada anak. Diagnosis dini sepsis sangat penting agar tata laksana bisa diberikan segera sehingga dapat mengurangi angka kematian akibat sepsis. Kultur darah untuk diagnosis definitif sepsis memerlukan waktu yang lama sehingga dibutuhkan suatu marker yang bisa menentukan diagnosis sepsis secara dini.Tujuandaripenelitianiniadalahmengetahui sensitivitas, spesifisitas, nilai prediksi positif dan nilai prediksi negatif CD64 netrofil untuk diagnosis sepsis dan mengetahui hubungan antara index CD64 netrofil dengan luaran sepsis. Metode Penelitian ini merupakan suatu penelitian potong lintang (cross sectional) yang dilakukan di IGD dan Bangsal Anak RS Dr. M. Djamil Padang dari April-Juli 2017. Pada anak dengan SIRS dilakukan pemeriksaan CD64 netrofil dan uji diagnostik dengan kultur bakteri darah sebagai baku emas, kemudian dilakukan pengamatan klinis terhadap sampel penelitian saat masuk sampai pulang dari rumah sakit. Hasil Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan jenis kelamin pada subjek penelitian.Usia > 1 tahun - 5 tahun merupakan kelompok usia yang terbanyak (43,5%). Dengan penetapan cut-off point index CD64 netrofil 1,5 didapatkan hasil sensitivitas 95,8%, spesifisitas 81,6%, nilai prediksi positif 76,7% dan nilai prediksi negatif 96,9%. Rerata index CD64 netrofil lebih tinggi pada kultur bakteri darah yang positif dibandingkan dengan yang negatif. Rerata index CD64 netrofil juga lebih tinggi pada derajat klinis sepsis yang lebih berat. Kesimpulan Index CD64 netrofil dapat digunakan sebagai parameter diagnostik dan prognostik pada sepsis.Berdasarkan literatur dan hasil penelitian, maka cut-off point index CD64 netrofil yang direkomendasikan sebagai batasan sepsis pada anak dengan SIRS adalah 1,5. Kata Kunci CD64 netrofil, kultur bakteri darah, SIRS, sepsis.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Mayetti, SpA (K), IBCLC
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 26 Jul 2018 15:13
Last Modified: 26 Jul 2018 15:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36508

Actions (login required)

View Item View Item