Perancangan Turbin Kaplan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTP) dengan Head 2 s/d 3 m dan Optimalisasi Daya antara 2 s/d 5 kW

Andika, Saptahadi Wiguna (2018) Perancangan Turbin Kaplan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTP) dengan Head 2 s/d 3 m dan Optimalisasi Daya antara 2 s/d 5 kW. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTPH) merupakan pembangkit untuk skala kecil yang memanfaatkan aliran sungai sebagai penggerak dan sumber energinya. Sistem pembangkit tersebut sangat cocok digunakan di daerah terpencil, pedesaan yang sulit terjangkau listrik dan usaha kecil menengah kebawah. Untuk wilayah Sumatera Barat sendiri masih banyak daerah yang belum teraliri listrik. Dalam pembuatan sistem sangat mudah dan biaya dalam pembuatan yang relatif murah. Kondisi aliran sungai di Sumatera Barat pada umumnya memiliki debit dan head aliran yang rendah Pada umumnya turbin dirancang hanya untuk satu head atau debit tertentu saja, sehingga tidak bisa digunakan untuk head atau debit yang berbeda. Berdasarkan informasi tersebut jenis turbin yang cocok untuk dilakukan pemodelan adalah turbin kaplan. Pemodelan turbin dilakukan berdasarkan pendekatan teori yang diperoleh dari jurnal-jurnal nasional ataupun internasional dan dari buku-buku perkuliahan. Perancangan turbin kaplan di utamakan pada Penstock, Spsiral Casing, Guide vane, Runner dan Draft Tube. Rancangan turbin kaplan tipe fixed balde dirancang dengan head 2 s/d 3 m dan debit estimasi sebesar 0,204 m3/s. Spesifikasi utama dari hasil perancangan turbin adalah diameter luar turbin sebesar 0,428 m dan diameter dalam turbin 0,171 m. Banyak sudu pengarah yaitu 4 buah. Draft tube debagai pengarah keluaran air dari tubin mempunyai diameter masuk dan keluar sebesar 0,428 m dan 0,642 m dengan panjang sebesar 0,877 m. Dari hasil rancangan dihitung daya efektif pada Head 2; 2,5 dan 3 dengan nilai masing-masing 2559,026 W; 3198,782 dan 4309,54 dengan effisiensi sebesar 48,02 %;70,25 % dan 82,53 %. Hasil dari pemodelan dipresentasikan dengan menggunakan software Autodesk Inventor dalam bentuk gambar teknik. Kata kunci: Pikohidro, turbin Kaplan, Guide Vane, Runner, Spiral Casing, Draft Tube, Daya, Effisiensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. BENNY D LEONANDA, M.T
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 26 Jul 2018 12:27
Last Modified: 26 Jul 2018 12:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item View Item