POTENSI BAKTERI KITINOLITIK DARI CANGKANG UDANG DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR PATOGEN Fusarium oxysporum f.sp. capsici DARI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Miftahul, Khairah (2018) POTENSI BAKTERI KITINOLITIK DARI CANGKANG UDANG DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR PATOGEN Fusarium oxysporum f.sp. capsici DARI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bakteri kitinolitik merupakan bakteri yang mampu menghasilkan enzim kitinase untuk menguraikan kitin. Salah satu sumber bakteri kitinolitik adalah cangkang crustaceae antara lain kepiting, udang dan lobster. Pengolahan udang baik untuk konsumsi dan industri menghasilkan limbah yang mengandung kitin. Enzim kitinase ini banyak dimanfaatkan sebagai pengendalian hayati terhadap jamur patogen salah satunya Fusarium oxysporum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh isolat bakteri kitinolitik yang terdapat pada cangkang udang Penaeus indicus, mengetahui kemampuan bakteri kitinolitik hasil isolasi cangkang udang udang Penaeus indicus dalam menghambat pertumbuhan jamur patogen Fusarium oxysporum f.sp. capsici dan menganalisis karakteristik dari isolat bakteri kitinolitik yang ditemukan pada cangkang udang Penaeus indicus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tahapan isolasi, skrining, uji daya hambat dan karakterisasi bakteri kitinolitik. Dari hasil penelitian didapatkan 8 isolat bakteri kitinolitik, 4 diantaranya menghasilkan indeks kitinolitik > 2. Kitinase kasar dari isolat BKU 4 mampu menghambat pertumbuhan Fusarium oxysporum f.sp. capsici dengan presentase penghambatan sebesar 21,5 %. Kedelapan isolat bakteri menunjukkan bakteri dari genus Proteus. Kata kunci : Bakteri kitinolitik, Fusarium oxysporum f.sp. capsici, kitinase, pengendalian hayati, udang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. FESKAHARNY ALAMSJAH
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:50
Last Modified: 26 Jul 2018 11:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36395

Actions (login required)

View Item View Item