EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT(Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI AMPANG KURANJI KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA

Mikcael, Simarmata (2018) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT(Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI AMPANG KURANJI KECAMATAN KOTO BARU KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan Abstak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesesuaian lahan perlu diperhatikan untuk tanaman budidaya agar mendapatkan pertumbuhan yang optimal, walau tanaman kelihatan dapat tumbuh bersama di suatu wilayah, akan tetapi setiap jenis tanaman mempunyai karakter yang membutuhkan persyaratan yang berbeda-beda. Lahan merupakan bagian dari bentang alam (landscape) yang mencakup pengertian lingkungan fisik secara potensial yang akan berpengaruh terhadap penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan dan membuat peta kesesuaian lahan tanaman kelapa sawit di Nagari Ampang Kurangji Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yang terdiri dari lima tahap yaitu, tahap persiapan, prasurvei, survei utama, analisis tanah dilaboratorium dan pengolahan data. Pengklafikasian kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit di daerah Nagari Ampang Kurangji Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dilakukan dengan metode matching yang pada dasar nya mengacu pada petunjuk Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua satuan lahan di nagari Ampang Kuranji memiliki lahan S1 (sangat sesuai) dan S2 (cukup sesuai) dimana faktor pembatas yang dominan disetiap lahannya yaitu Retensi hara dan Bahaya erosi. Kata Kunci : evaluasi kesesuaian lahan, kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nasrez Akhir, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Jul 2018 15:50
Last Modified: 26 Jul 2018 15:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36362

Actions (login required)

View Item View Item