PENGARUH BEBERAPA JENIS BAHAN DESIKAN DAN LAMA PENYIMPANAN PADA PENGEMASAN STUM MATA TIDUR KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg.)

ROUBYLL, SYAHID ADRIAN (2018) PENGARUH BEBERAPA JENIS BAHAN DESIKAN DAN LAMA PENYIMPANAN PADA PENGEMASAN STUM MATA TIDUR KARET (Hevea brasiliensis Muell Arg.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Roubyll Syahid Adrian)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui interaksi bahan desikan dengan lama penyimpanan serta pengaruh jenis bahan desikan maupun lama penyimpanan terbaik terhadap pertumbuhan stum mata tidur karet di lapangan. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan pada ruang simpan dilanjutkan di kebun percobaan Kampus III Unand Dharmasraya. Percobaan dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dalam faktorial yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor pertama jenis bahan desikan, yaitu : arang sekam (B1), serbuk gergaji (B2), kertas koran (B3) dan arang tempurung kelapa (B4). Faktor kedua terdiri dari lama penyimpanan, meliputi : 10 hari (S1), 20 hari (S2) dan 30 hari (S3). Data pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf nyata 5 %. Jika hasil uji F menunjukkan berbeda nyata maka dilanjutkan dengan DNMRT pada taraf 5 %. Hasil percobaan menunjukkan bahwa interaksi bahan desikan dan lama penyimpanan tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan, bahan desikan serbuk gergaji dan kertas koran memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi dan diameter tunas, lama penyimpanan 10 dan 20 hari memberikan pengaruh terbaik terhadap persentase kematian stum di penyimpanan serta persentase tunas melentis, waktu melentis 75% tunas, dan pertumbuhan diameter tunas stum mata tidur karet di lapangan. Kata kunci : bahan desikan, lama penyimpanan, stum mata tidur karet

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusrizal M. Zen, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 27 Jul 2018 11:02
Last Modified: 27 Jul 2018 11:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36325

Actions (login required)

View Item View Item