APLIKASI BERBAGAI DOSIS Beauveria bassiana DALAM SUBSTRAT JAGUNG UNTUK MENGENDALIKAN Etiella zinckenella Treitschke (Lepidoptera: Pyralidae) PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Yessica, Putri Sarano (2018) APLIKASI BERBAGAI DOSIS Beauveria bassiana DALAM SUBSTRAT JAGUNG UNTUK MENGENDALIKAN Etiella zinckenella Treitschke (Lepidoptera: Pyralidae) PADA TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
abstrak upload.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Beauveria bassiana merupakan cendawan entomopatogen yang dapat menginfeksi berbagai jenis serangga hama dan merupakan cendawan yang mudah diperbanyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis B.bassiana dalam substrat jagung yang paling efektif dalam menekan populasi dan mengendalikan serangan penggerek polong E.zinckenella pada kacang tanah. Perbanyakan cendawan dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati Fakultas Pertanian Universitas Andalas, dan penanaman kacang tanah serta aplikasi B.bassiana di Kebun Percobaan BPTP, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar dari bulan Juni hingga Oktober 2017. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor perlakuan berbagai tingkat dosis B.bassiana. Dosis terdiri dari 0 g (kontrol), 10 g, 20 g, 30 g, dan 40 g. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemberian B.bassiana dalam berbagai tingkat dosis tidak berpengaruh terhadap jumlah larva E.zinckenella pada polong kacang tanah, jumlah larva E.zinckenella per tanaman pada umur 10 MST sebesar 12,62 larva sedangkan pada 13 MST jumlah larva E.zinckenella sebesar 1,24 larva. Pemberian B.bassiana juga tidak berpengaruh terhadap persentase tanaman terserang, persentase polong terserang per tanaman, persentase kehilangan hasil, dan jumlah bunga dan ginofor kacang tanah. Kata kunci : aplikasi, Beauveria bassiana, cendawan entomopatogen, dosis, Etiella zinckenella.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Reflinaldon, MSi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:21
Last Modified: 26 Jul 2018 11:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36303

Actions (login required)

View Item View Item