EFEKTIVITAS FILTRAT BIAKKAN Trichoderma harzianum DALAM MENGENDALIKAN Fusarium fujikuroi Nirenberg PADA BIBIT PADI (Oryza sativa L.)

Desi, Afrida Putri (2018) EFEKTIVITAS FILTRAT BIAKKAN Trichoderma harzianum DALAM MENGENDALIKAN Fusarium fujikuroi Nirenberg PADA BIBIT PADI (Oryza sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)

Abstract

Fusarium fujikuroi merupakan salah satu penyebab penyakit pada tanaman padi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa filtrat Trichoderma harzianum mampu menekan berbagai jamur patogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi filtrat biakkan T. harzianum yang efektif dalam mengendalikan F. fujikuroi pada bibit padi (Oryza sativa L.) Penelitian telah dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi dan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas sejak bulan Oktober 2017 sampai Januari 2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari konsentrasi filtrat biakkan T. harzianum yaitu (A) 0% (kontrol / tanpa filtrat), (B) 25%, (C) 50%, (D) 75%, (E) 100% dan (F) kontrol (tanpa F. fujikuroi, tanpa filtrat). Parameter pengamatan adalah (1) persentase benih terserang jamur F. fujikuroi di medium PPA, (2) ketebalan koloni, (3) luas koloni, (4) jumlah benih berkecambah, (5) persentase bibit muncul lapang, (6) persentase bibit yang memperlihatkan gejala bakanae, (7) persentase benih mati, (8) persentase bibit mati, (9) persentase bibit stunting/ kerdil, (10) tinggi bibit, (11) jumlah daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filtrat biakkan T. harzianum efektif menekan pertumbuhan dan perkembangan jamur F. fujikuroi dengan konsentrasi yang efektif adalah 100% dengan efektivitas penekanan luas koloni 77,38%, jumlah benih berkecambah 55,78%, bibit yang memperlihatkan gejala bakanae 80,06%, benih mati 60,09%, bibit mati 52,97%, dan bibit stunting/ kerdil 60,09%. Kata kunci: filtrat, Trichoderma harzianum, Fusarium fujikuroi, padi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Darnetty, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 26 Jul 2018 11:19
Last Modified: 26 Jul 2018 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36285

Actions (login required)

View Item View Item