Identifikasi Kesiapan Infrastruktur Bangunan Sekolah Dasar di daerah Pantai Padang dan Upaya Mitigasi dalam Menghadapi Ancaman Coastal Hazard

Ika, Yudhawati (2018) Identifikasi Kesiapan Infrastruktur Bangunan Sekolah Dasar di daerah Pantai Padang dan Upaya Mitigasi dalam Menghadapi Ancaman Coastal Hazard. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text (IKA YUDHAWATI_1410921077)
IKA YUDHAWATI_1410921077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kota Padang yang terletak di pesisir pantai sangat rentan terhadap bencana pesisir pantai (coastal hazard). Salah satu yang memiliki resiko bencana pesisir pantai adalah sekolah dasar. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi kesiapan infrastruktur bangunan sekolah dasar dan upaya mitigasi dalam menghadapi coastal hazard. Penelitian dilakukan pada 24 sekolah dasar yang terletak pada segmen di antara bandar kali dan muara Padang dengan radius 500 meter dari tepi pantai, yang terdiri dari 6 SD swasta dan 18 SD negeri. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi langsung ke sekolah yang ditinjau dan melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah atau majelis guru yang mengetahui tentang kebencanaan di sekolah tersebut. Wawancara juga dilakukan kepada BPBD Kota Padang. Tingkat kesiapan sekolah dasar terhadap coastal hazard khususnya bencana gempa bumi, tsunami dan banjir ditinjau berdasarkan komponen penting yang mendasari MHEWS menurut UNISDR. Data diolah menggunakan metode analisa kualitatif dan kuantitatif yang ditampilkan dalam bentuk persentase. Penelitian menunjukkan bahwa hanya 6 dari 24 sekolah dasar yang memiliki tingkat kesiapan mencapai 50% sampai 58%. Sedangkan 18 lainnya hanya mencapai 25% sampai 49%. Hal itu berarti sekolah dasar tepi pantai kota Padang tidak memiliki kesiapan yang baik terhadap bencana pesisir pantai. Kata kunci: Coastal Hazard, Multy Hazard Early Warning System, Kesiapan, Infrastruktur Sekolah Dasar, Mitigasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TAUFIKA OPHIYANDRI, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 17:26
Last Modified: 25 Jul 2018 17:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36228

Actions (login required)

View Item View Item