Karakterisasi Material Hasil Proses Produksi Roda Gigi Jam Gadang dan Komponen Pendukung Dengan Investment Casting dan Machining

Erick, Saputra (2018) Karakterisasi Material Hasil Proses Produksi Roda Gigi Jam Gadang dan Komponen Pendukung Dengan Investment Casting dan Machining. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mesin Jam Gadang merupakan komponen yang berfungsi untuk menggerakkan Jam Gadang yang terdiri atas roda bergerigi yang saling terhubung, disangga oleh plat besi dan bekerja secara manual. Karena mesin Jam Gadang yang sudah cukup tua dan sensitif, sehingga roda gigi dan komponen pendukung berupa pelatuk dan tongkat pengangit mengalami perpatahan. Oleh karena itu dilakukanlah kegiatan perbaikan roda gigi dan komponen pendukung lainnya dari Jam Gadang dengan cara memproduksi ulang komponen tersebut. Proses pembuatan roda gigi dan komponen pendukung dilakukan dengan cara investment casting dan kemudian di Machining agar didapatkan bentuk produk sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Setelah itu dilakukan karakterisasi material hasil proses produksi dari Jam Gadang dan komponen pendukung yaitu dengan melakukan pengamatan struktur mikro pengujian kekerasan dan pengujian komposisi kimia pada roda gigi dan komponen pendukungnya (pelatuk dan tongkat pengait). Hasil pengamatan struktur mikro memperlihatkan pada spesimen roda gigi, pelatuk, dan tongkat pengait struktur mikronya adalah terdiri dari dua fasa, yaitu perlit dan proeutectoid α (ferit proeutectoid). Hasil pengujian kekerasan pada spesimen roda gigi, pelatuk, dan tongkat pengait adalah nilai HV (hardness Vicker) rata-rata yaitu pada roda gigi 168.4 HV, pelatuk 171.4 HV, dan tongkat pengait 165.6 HV. Nilai kekerasan pada material pelatuk lebih tinggi dibandingkan dengan material roda gigi dan juga tongkat pengait. Hasil uji komposisi kimia yang didapatkan bahwa unsur utama penyusun roda gigi, pelatuk, dan tongkat pengait adalah Fe dengan persentase unsur lainnya dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan jumlah karbon yaitu pada spesimen roda gigi 0,33 wt%, pelatuk 0,37 %, dan tongkat pengait 0,28 %. Ini memperlihatkan bahwa roda gigi, pelatuk, dan tongkat pengait merupakan baja karbon sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Is Prima Nanda
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:01
Last Modified: 25 Jul 2018 15:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36214

Actions (login required)

View Item View Item