PERAN SATUAN LALU LANTAS (SATLANTAS) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH HUKUM POLRES TANAH DATAR

Ragil, Surya Prakasa (2018) PERAN SATUAN LALU LANTAS (SATLANTAS) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH HUKUM POLRES TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tugas kepolisian melalui unsur satuan lalu lintas (Satlantas) adalah penyidikan kecelakaan lalu lintas dan penegakan hukum di bidang lalu lintas. Banyaknya pengguna jalan raya setiap hari tidak luput dari permasalahan lalu lintas, salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas. Jalan berlobang, sarana kelengkapan jalan yang masih kurang dan kebiasaan buruk masyarakat pengguna jalan menjadi faktor utama kecelakaan lalu lintas. Dalam kurun waktu tiga tahun terjadi peningkatan dan penurunan jumlah kecelakan lalu lintas di wilayah hukum Polres Tanah Datar. Pada penulisan ini terdapat 3 (tiga) rumusan masalah yang akan dibahas. Pertama, Bagaimana Peran Satlantas Dalam Upaya Penanggulangan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Tanah Datar ?. Kedua, Kendala Apa Saja Yang Dihadapi Satlantas Dalam Pelaksanaan Upaya Penanggulangan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Tanah Datar ?. Ketiga, Bagaimana Upaya Satlantas Dalam Mengatasi Kendala Yang Dihadapi Untuk Terlaksananya Peran Satlantas Dalam Menanggulangi Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polres Tanah Datar?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis dengan metode pengumpulan data melalui studi dokumen dan wawancara dengan Satlantas Polres Tanah Datar. Dari hasil penelitian penulis dapat simpulkan bahwa Satlantas dalam upaya penanggulangan terhadap kecelakaan lalu lintas di Polres Tanah Datar adalah melalui upaya pre-emtif, upaya preventif, upaya persuasif dan upaya represif. Seperti melakukan penyuluhan tentang keselamatan lalu lintas, memberikan teguran secara lisan maupun tertulis kepada pengguna jalan raya yang tidak tertib dalam berlalu lintas, mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), menolong Korban, mengamankan Barang Bukti terkait kecelakaan lalu lintas dan diproses melalui penyidikan terkait telah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kendala yang dihadapi Satlantas adalah kurangnya jumlah personel Unit Laka Satlantas dan tidak memiliki mobil derek untuk evakuasi kendaraan, jarak TKP yang jauh dari Polres Tanah Datar, kurangnya informasi dari masyarakat terkait terjadinya kecelakaan lalu lintas dan masyarakat enggan menjadi saksi untuk pemerikasaan. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah memberdayakan anggota dari unit dan satuan lain dan berkoordinasi dengan dinas kebersihan atau dinas perhubungan, berkoordinasi dengan Polsek setempat dan pihak Rumah Sakit, memberikan pemahaman kepada masyarakat dan mendatangi kediaman saksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ismansyah, SH., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Jul 2018 14:52
Last Modified: 25 Jul 2018 14:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36204

Actions (login required)

View Item View Item