JULO-JULO LAKI-LAKI UNTUK PEMBANGUNAN RUMAH (Studi Julo-Julo Semen Kampung Jambak di Kelurahan Kepala Koto Kecamatan Pauh Kota Padang)

Intan, Murina (2018) JULO-JULO LAKI-LAKI UNTUK PEMBANGUNAN RUMAH (Studi Julo-Julo Semen Kampung Jambak di Kelurahan Kepala Koto Kecamatan Pauh Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4 Kesimpulan)
3. BAB Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Murina, 1110812006. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Julo-Julo Laki-Laki Untuk Pembangunan Rumah, Studi Pada Julo-Julo Semen Kampung Jambak Di Kelurahan Kepala Koto Kecamatan Pauh Kota Padang. Pembimbing I, Dr. Maihasni, M.Si. Pembimbing II, Drs. Ardi Abbas, MT. Manusia dianggap sebagai makhluk yang kreatif, mereka mencoba mencari solusi dalam hal pemenuhan kepentingan pribadinya dan kepentingan masyarakat, jalan keluar tersebut ditemukan dalam proses interaksi antara individu dengan individu maupun individu dengan kelompok masyarakat. Julo-julo juga merupakan bentuk solusi masyarakat yang relatif kreatif dalam hal usaha pemenuhan kepentingan atau kebutuhan hidupnya. Julo-julo merupakan bentuk dari solusi masyarakat, terutama masyarakat golongan menengah ke bawah sebagai suatu bentuk upaya dalam membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya kebutuhan perekonomiannya, menjadi latar belakang penelitian yang bertujuan untuk meneliti julo-julo semen Kampung Jambak bagi laki-laki untuk pembangunan rumah di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh V Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling serta dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah Pertukaran Sosial, perilaku manusia dianggap sebagai perilaku individual, tempat orang-orang saling bertukar ganjaran/punishment atau hadiah/reward. Manusia adalah makhluk rasional yang akan memperhitungkan untung dan rugi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa julo-julo semen Kampung Jambak berdiri pada tahun 1991 dan pendirinya adalah bapak Rosman selaku pemberi ide dan juga mamak dari bapak Fakrizal dan Aldi. Proses terbentuknya julo-julo semen Kampung Jambak, terdapat beberapa tahapan- tahapan yaitu (1) ide julo-julo semen Kampung Jambak (2) musyarawah pembentukan pengurus julo-julo semen Kampung Jambak (3) penetapan peraturan julo-julo semen Kampung Jambak. Mekanisme kontrol sosial untuk mengatur setiap aktivitas anggota dengan menerapkan peraturan dan pemberian sanksi bagi anggota yang melanggar. Kata Kunci : Julo-Julo, Kreatif , Pertukaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Maihasni, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:29
Last Modified: 25 Jul 2018 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36160

Actions (login required)

View Item View Item