PENGARUH PENGGUNAAN PAKAN FUNGSIOANL DARAH DEDAK PADI FERMENTASI (DDPF) DALAM RANSUM TERHADAP KEKUATAN KERABANG, TEBAL KERABANG, DAN HAUGH UNIT TELUR AYAM RAS

Aris, Kinapia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN PAKAN FUNGSIOANL DARAH DEDAK PADI FERMENTASI (DDPF) DALAM RANSUM TERHADAP KEKUATAN KERABANG, TEBAL KERABANG, DAN HAUGH UNIT TELUR AYAM RAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_2.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I pendahuluan)
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pakan fungsional darah dedak padi fermentasi (DDPF) dalam ransum terhadap kekuatan kerabang, tebal kerabang, dan haugh unit telur ayam ras. Penelitian ini menggunakan ayam ras petelur strain Isa Brown umur 32 minggu sebanyak 200 ekor, darah, dedak padi dan ransum ayam ras petelur sebagai pakannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 Perlakuan dan 4 ulangan. Pemberian DDPF yang terdiri dari : R0 : 0%, R1 : 0%, R2 : 3%, R3 : 6%, R4 : 9% dalam ransum. Parameter yang diukur yaitu kekuatan kerabang, tebal kerabang dan haugh unit telur ayam. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa penggunaan darah dedak padi fermentasi memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kekuatan kerabang, sedangkan pada ketebalan kerabang dan haugh unit memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan darah dedak padi fermentasi (DDPF) sebanyak 6% dapat meningkatkan kekuatan kerabang sampai 5,73 kg/mm2, sedangkan pada tebal kerabang dan haugh unit tidak memberikan pengaruh nyata. Kata Kunci : Ayam ras petelur, darah dedak padi fermentasi (ddpf), Haugh unit, kekuatan, tebal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Wizna, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jul 2018 14:25
Last Modified: 25 Jul 2018 14:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item