THE INFLUENCES OF READING J.K. ROWLING’S HARRY POTTER SERIES TO THE LIFE OF THE INDONESIAN READERS: A READER RESPONSE ANALYSIS

HESTI, KURNIAWATY (2018) THE INFLUENCES OF READING J.K. ROWLING’S HARRY POTTER SERIES TO THE LIFE OF THE INDONESIAN READERS: A READER RESPONSE ANALYSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4 Kesimpulan)
BAB 4 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengungkapkan tentang pengaruh membaca novel serial Harry Potter terhadap generasi Harry Potter, generasi yang mengalami masa remaja dari tahun 2000 hingga 2010. Fokus dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh yang muncul secara langsung atau tidak langsung terhadap pembaca serial ini dari sudut pandang pembaca. Objek dari penelitian ini adalah novel fantasi Harry Potter seri pertama hingga ke-empat karya J.K. Rowling dan pembaca novel serial ini di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori reader-response transaksional oleh Louise Rosenblatt yang mencakup konsep pembacaan eferen dan estetis. Terdapat 25 responden secara keseluruhan yang berpartisipasi pada penelitian ini, 4 responden diantaranya bersedia menjadi narasumber untuk wawancara mendalam. Responden merupakan: 1) Potterhead, pembaca yang mengategorikan diri mereka sebagai penggemar berat novel serial ini dan tergabung kedalam setidaknya satu komunitas penyuka Harry Potter di Indonesia, serta 2) Influencer atau orang yang berprofesi sebagai pemberi pengaruh, pembaca yang telah memiliki pencapaian pribadi dan mampu memberikan pengaruh serta dampak kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua reponden memperlihatkan pengaruh positif yang didapatkan selama membaca dan tumbuh bersama serial ini. Salah satu pengaruh yang terlihat adalah pembaca serial ini tumbuh dengan nilai-nilai positif yang ada didalam cerita Harry Potter dan menjadikannya sebagai panduan hidup mereka. Hal tersebut juga memberi motivasi dan pengaruh yang baik dalam mewujudkan cita-cita serta keinginan jangka panjang pembaca tersebut. Selain itu, penulis juga menemukan bahwa novel serial ini dapat meningkatkan minat baca yang signifikan terhadap karya sastra terutama karya sastra Inggris. Kata kunci: Dampak membaca, Generasi Harry Potter, Teori reader-response transaksional, Respon pembaca, Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Donny Eros, S.S, M.A
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 25 Jul 2018 12:34
Last Modified: 25 Jul 2018 12:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item View Item