PARTISIPASI MASYARAKAT KOTA SAWAHLUNTO DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2015 KOTA SAWAHLUNTO TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT

Adila, Giffary (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT KOTA SAWAHLUNTO DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2015 KOTA SAWAHLUNTO TENTANG KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB 1V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FUll Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan dilaksanakanya program otonomi daerah, pada umumnya masyarakat mengharapkan adanya peningkatan kesejahteraan dalam bentuk peningkatan mutu pelayanan masyarakat, dan partisipasi masyarakat yang lebih luas dalam pengambilan kebijakan publik. Masyarakat Kota Sawahlunto pada umunya dan Pemerintah Daerah Kota Sawahlunto khususnya mendambakan pemerintahan yang cerdas dan profesional dalam pemerintahan, baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Pemerintahan tersebut akan dapat terwujud apabila selalu melihatkan peran serta masyarakatnya, khususnya yang berkaitan langgsung dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Dalam pengambilan kebijakan publik tersebut, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentkan Peraturan Perundang-Undangan mensyaratkan adanya partisipasi masyarakat dalam rangka pembentukan peraturan Perundang-Undangan. Masyarakat sejak awal yakni dari perencanaan, persiapan dan pembahasan, sudah harus dilibatkan dengan cara meminta dan menampung masukan secara lisan maupun tulisan dengan tujuan peraturan yang dihasilkan nantinya benar-benar sesuai dengan keinginan masyarakat. Berdasarkan hal tersebut akan dikaji permasalahan pertama, bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembentukan peraturan daerah kota Sawahlunto?. Untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan suatu metode yang tepat, dalam hal ini adalah metode yuridis sosiologis, dimana penulis melakukan penelitian di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sawahlunto. Dari hasil penelitian terhadap pemebntukan peraturan daerah nomor 1 tahun 2015 Kota Sawahlunto, ditemukan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pembentukan peraturan daerah Kota Sawahlunto adalah partisipasi aktif dan partisipasi pasif dari masyarakat Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Didi Nazmi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Jul 2018 11:45
Last Modified: 25 Jul 2018 11:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36103

Actions (login required)

View Item View Item