PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK TIPE LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) PADA CAMPURAN PERKERASAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN PENGGUNAAN RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP)

Muhamad, Iqbal (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK TIPE LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) PADA CAMPURAN PERKERASAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) DENGAN PENGGUNAAN RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan)
BAB 6 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang timbul terkait konstruksi jalan raya adalah banyaknya jumlah material seperti agregat dan aspal yang terbuang akibat pembongkaran perkerasan lama yang sudah rusak yang disebut dengan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP). Karena desakan krisis minyak, RAP kemudian dimanfaatkan untuk diolah kembali dengan mencampurkan bahan peremaja untuk dijadikan perkerasan baru. Namun dengan penambahan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) pada perkerasan baru mengakibatkan penurunan pada sifat fisik perkerasan untuk itu dipilih sampah plastik Low Density Polyethylene (LDPE) sebagai bahan adiktif yang ramah lingkungan dan bersifat ekonomis untuk meningkatkan sifat fisik tersebut. Plastik LDPE digunakan karna memiliki sifat yang mirip dengan aspal yaitu termoplastik dan hidrofobik. Dengan penggunaan plastik LDPE pada campuran aspal dapat mengurangi limbah plastik yang ada di lingkungan dan menghasilkan perkerasan yang ramah lingkungan. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian karakteristik Marshall pada campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) dengan penambahan RAP dan zat adiktif plastik LDPE. Pernambahan RAP yang digunakan adalah 35% dengan variasi zat adiktif palstik LDPE 0%, 1%, 3%, dan 5%. Nilai stabilitas yang diperoleh meningkat sebesar 12,32% pada kadar plastic 5% dibandingkan kadar plastic 0%. Kadar plastik optimum dalam campuran diperoleh 4,8% dengan kadar aspal optimum 6,45%. Kata Kunci : Reclaimed Asphalt Pavement, Bahan Adiktif, Low Density Polyethylene, Marshall Test

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elsa Eka Putri, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 10:40
Last Modified: 25 Jul 2018 10:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35923

Actions (login required)

View Item View Item