PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS DAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS : PT SINAR NIAGA SEJAHTERA)

RIKO, AMDANIL (2018) PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS DAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS : PT SINAR NIAGA SEJAHTERA). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak riko.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
14. BAB VI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Transportasi merupakan masalah yang sering dihadapi perusahaan dalam mendisitribusikan produk mereka. Masalah ini berkaitan dengan pembuatan keputusan dari rute pendistribusian produk yang mengoptimalkan jarak tempuh, waktu tempuh, biaya perjalanan, jumlah kendaraan yang dioperasikan, dan sumber daya lain yang tersedia. PT Sinar Niaga Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian barang yang beralamatkan di Jalan Raya By Pass KM 15 Kota Padang. Proses pendistribusian produk yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan cara taking order. PT Sinar Niaga Sejahtera menetapkan minimal penggunaan kapasitas angkut adalah 50% - 60%, akan tetapi masih terdapat 18 dari 35 rute perjalanan dengan penggunaan kapasitas kendaraan yang kurang dari 50% yaitu berkisar antara 9% hingga 49%. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan merupakan permasalahan dari Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yang solusi awalnya dilesaikan dengan menggunakan Metode Saving Matriks dan kemudian diperbaiki dengan Algoritma Genetika. Selain itu juga dilakukan perancangan program menggunakan software MATLAB R2010b untuk membantu proses perhitungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan kapasitas kendaraan dan waktu tempuh dengan fungsi tujuan meminimasi jarak tempuh. Penelitian ini dilakukan untuk permintaan pada tanggal 6 Maret 2017. Rute aktual yang dilakukan oleh perusahaan untuk kasus tersebut adalah dengan total jarak yang dihasilkan sebesar 949,5 km yang terbagi kedalam 10 rute pengiriman dan total waktu distribusinya sebesar 42,726 jam. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data dengan menggunakan Metode Saving Matriks menghasilkan total jarak sebesar 859,7 km dan total waktu distribusinya sebesar 40,72 jam yang terbagi kedalam 7 rute pengiriman. Kemudian rute hasil perbaikan dengan Algoritma Genetika didapatkan total jarak sebesar 829,88 km dan total waktu distribusinya sebesar 40,06 jam yang terbagi kedalam 7 rute pengiriman. Sehingga terdapat perbaikan rute yang dihasilkan pada rute usulan ini dengan penghematan jarak sebesar 119,64 km dan waktu distribusi berkurang sebanyak 2,676 jam. Kata Kunci : Distribusi, Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), Saving Matriks, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ERI WIRDIANTO M. Sc
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Jul 2018 12:20
Last Modified: 25 Jul 2018 12:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35899

Actions (login required)

View Item View Item