Perancangan Aplikasi Pengaturan Kapal Untuk Transportasi Semen Curah di PT Semen Padang Dengan Menggunakan Algoritma Genetika

IRA, ULYA (2018) Perancangan Aplikasi Pengaturan Kapal Untuk Transportasi Semen Curah di PT Semen Padang Dengan Menggunakan Algoritma Genetika. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
02BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN)
03BAB VI.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
05SkripsiFull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Manajemen logistik merupakan kegiatan yang berkaitan dengan fisik dan aliran barang pada suatu perusahaan. Salah satu kegiatan pada manajemen logistik adalah pendistribusian barang. Pendistribusian barang yang tidak tepat akan menyebabkan tidak optimalnya pemasaran yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang agar kegiatan transportasi dapat dilakukan secara efektif dan biaya transportasi yang dikeluarkan dapat diminimasi. Saat ini PT Semen Padang telah memiliki rencana penjadwalan kapal untuk jangka waktu tertentu. Namun penjadwalan ini bisa saja tidak direalisasikan karena adanya faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan. Sebelumnya telah dilakukan penelitian terkait dengan penjadwalan kapal untuk distribusi semen curah di PT Semen Padang. Setiawati (2013) melakukan penelitian dengan merancang alat bantu penjadwalan kapal untuk semen curah dengan menerapkan metode programa linier menggunakan Microsoft Excel. Selanjutnya Henenda (2015) melakukan penelitian dengan merancang model penjadwalan kapal dengan menerapkan enumerasi bertahap dan pemprograman dinamis. Berdasarkan penelitian sebelumnya biaya transportasi yang dikeluarkan dapat diminimasi. Namun alat bantu ataupun model yang dirancang belum fleksibel ketika terjadi perubahan kapal maupun pelabuhan tujuan. Karena itu perlu dirancang alat bantu yang lebih memudahkan perencana dalam mengakomodasikan perubahan yang terjadi serta fleksibel ketika terjadi perubahan kapal maupun pelabuhan tujuan. Pada penelitian ini digunakan metode algortima genetika untuk membantu perencana menyelesaikan permasalahan pengaturan kapal untuk distribusi semen curah di PT Semen Padang. Peneliti merancang aplikasi yang lebih fleksibel sehingga dapat mengakomodasikan perubahan yang terjadi pada pendistribusian semen curah di PT Semen Padang. Perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan software Matlab. Implementasi aplikasi dilakukan dengan menggunakan data yang diperoleh dari Henenda (2015). Berdasarkan data tersebut dilakukan skenario uji coba untuk mengetahui parameter terbaik untuk menyelesaikan permasalahan. Parameter yang diuji coba yaitu banyak generasi dengan nilai 100, 200 dan 300, ukuran populasi dengan nilai 100, 150, dan 200, probabilitas pindah silang dengan nilai 60%, 65%, dan 70%, dan probabilitas mutasi dengan nilai 1%, 10%, dan 30%. Hasil dari implementasi dari aplikasi menghasilkan total biaya logistik yang diperoleh sebesar Rp 13,79 milyar. Kata Kunci: Algoritma Genetika, Manajemen Logistik, Pengaturan Kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. ALEXIE HERRYANDIE BRONTO ADI
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Jul 2018 09:28
Last Modified: 25 Jul 2018 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35882

Actions (login required)

View Item View Item