PENGARUH PEMAKAIAN DAUN SINGKONG DALAM RANSUM SAPI BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN SK, BK DAN PK, SECARA IN-VITRO

Febri, Ardison (2018) PENGARUH PEMAKAIAN DAUN SINGKONG DALAM RANSUM SAPI BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN SK, BK DAN PK, SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kover dan abstrak aplod.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
Bab 5 Penutup aplod.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka aplod.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full aplod 2222.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pemakaian daun singkong dalam ransum sapi berbasis jerami padi amoniasi terhadap Kecernaan Serat Kasar (SK), Bahan Kering (BK), dan Protein Kasar (PK) secara in-vitro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2017 di Laboratorium Nutrisi Ternak Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK)dengan3 ulangan dan 3 kelompok perlakuan yaitu R1 =Ransum + 0% Daun singkong, R2 = Ransum + 2,5% daun singkong, R3 = Ransum + 5 % daun singkong. Peubah yang diamati adalah SK, BK dan PK. Hasil penelitian ini memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap Kecernaan BK dan Kecernaan PK. Tetapi Kecernaan SK berpengaruh sangat nyata(P<0,01). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa pemakaian daun singkong 2,5% dalam ransum sapi yang berbasis jerami padi amoniasi memberikan kecernaan BK, SK, dan PK yang relatif baik dibandingkan dengan pemberian daun singkong 5% dalam ransum. Kata kunci : BK, Daun Singkong, Jerami Amoniasi Kecernaan SK dan PK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Hermon,M.Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2018 17:19
Last Modified: 24 Jul 2018 17:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35870

Actions (login required)

View Item View Item