IDENTIFIKASI PENYEBAB BENCANA GENANGAN BANJIR LOKAL DAN UPAYA MITIGASINYA MELALUI EVALUASI INFRASTRUKTUR DRAINASE STUDI KASUS : DI LINGKUNGAN SEKOLAH MAN 2 PADANG, MTSN 6 PADANG, DAN MIN 3 PADANG

RISKA, RATNA MEILIA (2018) IDENTIFIKASI PENYEBAB BENCANA GENANGAN BANJIR LOKAL DAN UPAYA MITIGASINYA MELALUI EVALUASI INFRASTRUKTUR DRAINASE STUDI KASUS : DI LINGKUNGAN SEKOLAH MAN 2 PADANG, MTSN 6 PADANG, DAN MIN 3 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
file 1.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
file 2.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
file 3.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
file 4.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
file 5 full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Daerah yang sering terjadi banjir di indonesia salah satunya di kota padang sumatera barat. Daerah yang sering dilanda banjir salah satunya adalah di daerah gunung pangilun kota padang. Beberapa kasus terjadinya banjir di kota padang tidak hanya terjadi di perumahan penduduk namun juga terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini dinilai memberikan dampak yang besar bagi kegiatan siswa di sekolah. Banjir terjadi hampir setiap hujan lebat. Untuk itulah diperlukan identifikasi penyebab bencana banjir pada sekolah-sekolah tersebut agar bisa ditentukan upaya penanggulangannya yang efektif. Untuk mencapai tujuan tersebut, terlebih dahulu ditentukan lokasi penelitian dan sekolah yang akan dijadikan objek penelitian yaitu sebanyak 3 sekolah yakni MIN 3 padang, MTSN 6 padang, MAN 2 padang. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara langsung dengan masyarakat sekitar sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian diolah menggunakan metode analisa kualitatif ditampilkan dalam bentuk persentase. Dari presentase tersebut dieroleh penyebab-penyebab banjir pada kawasan sekolah yang dijadikan objek penelitian tersebut, serta dampak dan upaya mitigasi yang telah dilakukan pihak sekolah sejauh ini. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya banjir tersebut, diantaranya adalah curah hujan tinggi dan intensitas lama, daerah tanah yang rendah, sampah, dan system drainase yang buruk. Ketinggian muka air banjir pada lokasi penelitian bervariasi, namun rata-rata lebih dari 20 cm. tergantung intensitas hujan dan durasi hujan yang terjadi. Bencana banjir ini memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat umum juga warga sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar siswa terganggu, baik karena air yang bisa masuk sampai ruang kelas siswa sehingga proses kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif ataupun karena akses jalan yang sulit ditempuh ketika banjir sehingga memaksa siswa untuk tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar tersebut. Pihak sekolah sudah beberapa kali mencoba menanggulangi masalah tersebut meskipun hasilnya belum signifikan seperti diantaranya dengan mengadakan gotong royong, menaikkan elevasi lantai ruangan, dan perbaikan drainase. Kondisi drainase di daerah sekolah yang menjadi objek penelitian saat ini tidak dapat menampung debit air yang ada, karena dimensi saluran eksistingnya lebih kecil daripada ukuran idealnya. Kata kunci : Banjir, Sekolah, Penyebab, Dampak, Mitigasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: BENNY HIDAYAT, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:59
Last Modified: 25 Jul 2018 15:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35867

Actions (login required)

View Item View Item