Analisis Faktor-faktor yang berhubungan dengan Pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap di Wilayah Kerja Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2017

Ade, Nurhasanah Amir (2018) Analisis Faktor-faktor yang berhubungan dengan Pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap di Wilayah Kerja Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2017. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII/ Akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran seorang ibu dalam program imunisasi sangat penting, sehingga pemahaman tentang imunisasi sangat diperlukan, perilaku seseorang atau masyarakat tentang kesehatan ditentukan oleh pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi, pekerjaan dan sebagainya dari orang atau masyarakat yang bersangkutan. Disamping itu, ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan, sikap, perilaku petugas kesehatan terhadap pemberian informasi kesehatan juga akan mendukung dan memperkuat terbentuknya perilaku kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap di Wilayah Kerja Puskesmas Pengambiran Kota Padang. Penelitian ini meggunakan metode penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitan untuk penelitian kuantitatif adalah 107 orang ibu balita, sedangkan informan untuk penelitian kualitatif adalah Kepala Puskesmas Pengambiran Kota Padang, Penanggung jawab, Petugas imunisasi Puskesmas dan Kader yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Pengambiran Kota Padang. Hasil penelitian diperoleh faktor yang paling berperan dalam pelaksanaan imunisasi dasar lengkap adalah dukungan keluarga (p= 0,001). Hasil analisis diketahui cakupan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap belum berhasil karena masih kurangnya peran aktif kader dan petugas kesehatan ditengah masyarakat dalam menginformasikan imunisasi secara mendalam sehingga masih kurangnya pemahaman dari ibu dan keluarga yang mana tidak didapatkan dukungan keluarga dalam pelaksanaan imunisasi dasar lengkap. Cakupan imunisasi dasar lengkap belum mencapai target 95% karena sistem pelaksanaan pelayanan imunisasi dasar lengkap yang belum optimal. Perlu berbagai upaya untuk meningkatkan pencapaian cakupan imunisasi dasar lengkap khususnya melalui optimalisasi peran dan fungsi petugas kesehatan dan kader dan optimalisasi kemitraan dengan berbagai pihak. Kata Kunci : Pelaksanaan Imunisasi dasar lengkap, karakteristik ibu, petugas kesehatan, dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Eryati Darwin PA (K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 24 Jul 2018 12:03
Last Modified: 24 Jul 2018 12:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35786

Actions (login required)

View Item View Item