ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA KUMARIN DARI FRAKSI ETIL ASETAT KULIT BATANG SURIAN (Toona sinensis) SERTA UJI ANTIOKSIDAN DAN TOTAL FENOLIK

Ramadan, Fitra (2018) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA KUMARIN DARI FRAKSI ETIL ASETAT KULIT BATANG SURIAN (Toona sinensis) SERTA UJI ANTIOKSIDAN DAN TOTAL FENOLIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Toona sinensis merupakan spesies tanaman obat yang secara luas digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati diare, disentri, demam dan insektisida di Cina dan Indonesia. Secara fitokimia kulit batang dan fraksi etil asetat dari T. sinensis mengandung senyawa flavonoid, fenolik, kumarin dan triterpenoid. Isolasi dan karakterisasi senyawa kumarin dari fraksi etil asetat telah dilakukan. Senyawa ini diekstraksi dengan metode maserasi dan diisolasi dengan kolom kromatografi kemudian dimurnikan dengan rekristalisasi. Pada uji TLC senyawa kumarin menunjukkan noda tunggal berwarna biru terang setelah penambahan NH3. Secara spektrofotometri, senyawa memiliki 2 serapan maksimum pada 209 nm dan 280 nm. Penyerapan ini mengindikasikan adanya ikatan rangkap yang berkonjugasi. Analisis FTIR menunjukkan terdapat vibrasi gugus fungsi OH, C-H alifatik, C-H aromatic, C-O, dan C=O karbonil. Fraksi etil asetat memiliki potensi yang tinggi sebagai antioksidan dengan IC50 21,96 µg/mL dan memiliki total fenolik 415.27 mg/g fraksi. Kata Kunci : Toona sinensis, kumarin, uji antioksidan dan total fenolik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Adlis Santoni
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 24 Jul 2018 10:31
Last Modified: 24 Jul 2018 10:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35774

Actions (login required)

View Item View Item