PENGARUH VARIASI UKURAN BUTIR PATI DAN PENGGETARAN ULTASONIK TERHADAP INDEKS KRISTALINITAS, GUGUS FUNGSI, SERAPAN UAP AIR DAN MORFOLOGI PENAMPANG MELINTANG BIOPLASTIK PATI BENGKOANG

Riyan, Soni Satria (2018) PENGARUH VARIASI UKURAN BUTIR PATI DAN PENGGETARAN ULTASONIK TERHADAP INDEKS KRISTALINITAS, GUGUS FUNGSI, SERAPAN UAP AIR DAN MORFOLOGI PENAMPANG MELINTANG BIOPLASTIK PATI BENGKOANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Plastik yang digunakan pada saat sekarang ini masih banyak plastik konvensional yang berasal dari bahan polimer sintesis, atau minyak bumi yang sulit didaur ulang dan susah terurai di alam, sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan. Salah satu solusi dari menumpuknya limbah plastik adalah mengganti bahan plastik sintesis dengan plastik berbahan polimer alam (bioplastik) yang mudah terurai di alam. Namun pada penelitian seebelumnya, pembuatan bioplastik tanpa mempertihungkan ukuran butir pati, dan ukuran butir pati yang digunakan tidak homogen. Hal ini dapat mengurangi kualitas dari bioplastik, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh ukuran butir pati dan penggetaran ultrasonik terhadap kualitas dari bioplastik. Dalam penelitian ini bahan dasar yang digunakan adalah pati bengkoang dengan ukuran butir pati yang lebih homogen. Bioplastik dengan bahan baku pati bengkoang, diberi perlakuan penggetaran ultrasonik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran butir pati dan penggetaran ultrasonik terhadap indeks kristalinitas melalui pengujian XRD, gugus fungsi melalui pengujian FTIR, serapan uap air pada RH 80 %, dan morfologi penampang melintang dari pengujian SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin kecil ukuran butir pati akan meningkatkan indeks kristalinitas bioplastik, meningkatkan tarnsmitan pada gugus fungsi, persentase serapan uap air menurun, dan morfologi penampang melintang lebih halus. Penggetaran ultasonik setelah gelatin dapat meningkatkan indeks kristalinitas bioplastik dan morfologi penampang melintang lebih halus. Kata Kunci: Bioplastik, Bengkoang, Ultrasonik, Indeks Kristalinitas, Gugus Fungsi, Serapan Uap Air, Morfologi Penampang Melintang, Film.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.-Ing. HAIRUL ABRAL
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Jul 2018 16:15
Last Modified: 25 Jul 2018 16:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35735

Actions (login required)

View Item View Item