Pengaruh kecepatan putar tool dan welding speed terhadap sifat mekanik sambungan las friction stir welding pada material tidak sejenis (AA1100-Akrilik)

Henri, Silaen (2018) Pengaruh kecepatan putar tool dan welding speed terhadap sifat mekanik sambungan las friction stir welding pada material tidak sejenis (AA1100-Akrilik). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan saran)
3. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Friction stir welding merupakan proses pengelasan dengan memanfaatkan tekanan dan panas dari suatu tool yang berputar dan bergesekan pada benda kerja yang akan disambung. Setelah teknologi ini ditemukan, industri mulai banyak menerapkan metode ini terutama dalam pembuatan rangka badan pesawat terbang karena pada prosesnya tidak membutuhkan logam pengisi. Dalam perkembangannya telah banyak dilakukan perancangan ulang bentuk dan material dari tool pengelasan friction stir ini guna mengetahui pengaruhnya terhadap kekuatan sambungan las. Tugas akhir ini dimulai dari perancangan dan pembuatan tool lalu dilakukan pengelasan lap joint material tidak sejenis (AA1100-akrilik) menggunakan mesin frais dimana variasi kecepatan putar tool 1084 rpm, 767 rpm, 400 rpm dan variasi feed (benda kerja) 104 mm/min, 153 mm/min, 213 mm/min untuk setiap kecepatan dengan sekali laluan pengelasan. Setelah itu dilakukan pengujian pada sambungan las untuk mendapatkan bentuk permukaan dan kekuatan sambungan. Pengujian menggunakan mikroskop stereo didapatkan hasil berupa daerah HAZ, TMAZ, dan SZ pada sambungan AA1100-akrilik terlihat lebih jelas. Pengujian kekerasan hasil bahwa semakin tinggi kecepatan dan feed maka sambungan yang dihasilkan semakin bagus. Kekuatan geser tarik sambungan las AA1100-akrilik didapatkan rata-rata untuk masing kecepatan 1084 rpm sebesar 3,18 Mpa, kecepatan 767 rpm sebesar 3,31 Mpa, dan kecepatan 400 rpm sebesar 3, 90 Mpa. Kata kunci: friction stir welding, pengujian, perancangan, tool, lap joint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Devi Chandra, PhD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Jul 2018 10:15
Last Modified: 24 Jul 2018 10:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35700

Actions (login required)

View Item View Item