AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PENYULUH PERTANIAN DALAM MENDISEMINASIKAN INOVASI TEKNOLOGI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO PADI SAWAH KASUS KABUPATEN PADANG PARIAMAN)

Eva, Riza (2018) AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PENYULUH PERTANIAN DALAM MENDISEMINASIKAN INOVASI TEKNOLOGI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO PADI SAWAH KASUS KABUPATEN PADANG PARIAMAN). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrac)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
TESIS UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas dan kreativitas penyuluh pertanian, serta faktor-faktor yang berhubungan dengan aktivitas dan kreativitas penyuluh pertanian dalam mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah kepada petani. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017 di Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel diambil secara sensus dengan jumlah 46 orang penyuluh, terdiri dari 27 orang penyuluh PNS dan 19 orang THL-TBPP. Data dianalisis secara kuantitatif, dengan mengunakan uji statistik non parametrik. Untuk melihat tingkat hubungan variabel-variabel yang diamati, dilakukan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 44,4% penyuluh PNS dan 63,2% THL-TBPP kurang aktif dan tidak aktif mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah kepada petani. Sedangkan tingkat aktivitas penyuluh mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah kepada petani adalah sebanyak 55,6% penyuluh PNS dan 36,8% THL-TBPP. Untuk tingkat kreativitas penyuluh 47,8% dan 41,3% penyuluh PNS dan THL-TBPP tidak kreatif dan kurang kreatif mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah kepada petani. Sedangkan tingkat kreativitas penyuluh mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah adalah 10,8% terdiri dari penyuluh PNS dan THL-TBPP. Faktor-faktor yang berhubungan dengan aktivitas penyuluh pertanian mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah adalah: disiplin ilmu, jumlah kelompok binaan jajar legowo, ketersediaan sarana komunikasi, ketersediaan informasi teknologi jajar legowo dan keterjangkauan daerah kerja. Sedangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kreativitas penyuluh mendiseminasikan teknologi tanam jajar legowo padi sawah adalah: wilayah kerja dan ketersediaan informasi teknologi jajar legowo. Kata kunci: penyuluh, aktivitas, kreativitas, dan diseminasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 23 Jul 2018 12:43
Last Modified: 23 Jul 2018 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35594

Actions (login required)

View Item View Item